Insiden Siber Akibat Manusia Meningkat 1,5x di Tahun 2022 Insiden Siber Akibat Manusia Meningkat 1,5x di Tahun 2022 ~ Teknogav.com

Insiden Siber Akibat Manusia Meningkat 1,5x di Tahun 2022

Teknogav.com – Pada tahun 2022, setiap hari terjadi lebih dari tiga insiden yang tingkatnya sangat parah dengan penyebab keterlibatan manusia. Temuan tersebut merupakan hasil analisis Security Operations Center (SOC) berdasarkan insiden yang dilaporkan pelanggan Kaspersky Managed Detection and Response (MDR). Hal ini dituangkan dalam laporan Analisis MDR tahunan Kaspersky.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa insiden dengan tingkat paling parah, rata perlu waktu 43,8 menit untuk dapat dideteksi Kaspersky MDR. Faktor manusia memicu peningkatan serangan ini, sehingga waktu pemrosesan pun naik sekitar 6% dibandingkan tahun sebelumnya. Waktu yang lebih lama ini disebabkan oleh peningkatan waktu yang dibutuhkan para analis SOC.

Baca juga: Kaspersky Temukan Rata-rata 400.000 File Berbahaya Baru Setiap Hari

Spesialis eksternal menawarkan efisiensi dalam menangani solusi keamanan siber, pengetahuan khusus pun dibutuhkan dalam pada keamanan siber ini. Kedua hal tersebut merupakan alasan utama perusahaan untuk mengalihdayakan pakar eksternal di tahun 2022. Insiden pelanggan anonim yang terdeteksi layanan MDR dianalisis Kaspersky untuk mengatasi kurangnya kecakapan keahlian di antara para profesional Keamanan TI. Kaspersky juga memberikan wawasan mengenai lanskap ancaman saat ini.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari insiden tersebut

  • 30% berkaitan dengan APT’
  • 26% merupakan serangan malware
  • Lebih dari 19% merupakan ‘peretasan etis’. Ini adalah pentest, red teaming atau jenis latihan siber lain. Peretasan ini dilakukan dalam lingkup pelanggan untuk menilai keamanan TI maupun pengujian kesiapan operasional layanan MDR.
  • 9% disebabkan kerentanan kritis secara umum dan deteksi jejak serangan sebelumnya yang melibatkan manusia

Sisanya merupakan keberhasilan penggunaan teknik rekayasa sosial atau berkaitan dengan ancaman orang dalam.

Baca juga: Quadrant Knowledge Solutions Nobatkan Kaspersky Terdepan dalam Solusi MDR

“Laporan MDR menunjukkan bahwa serangan canggih yang digerakkan oleh manusia terus berkembang. Mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk diselidiki dan mereka menyita lebih banyak waktu para analis SOC. Hal ini karena jenis serangan ini cenderung otomatisasi pada tingkat yang lebih rendah. Untuk mendeteksi serangan ini secara efisien, kami menyarankan perusahaan untuk menerapkan praktik perburuan ancaman yang komprehensif yang dikombinasikan dengan pemantauan peringatan klasik,” ucap Sergey Soldatov, Kepala SOC, Kaspersky.

Baca juga: Solusi Enterprise Kaspersky Siap Lindungi Berbagai Skala Bisnis

Tips Perlindungan dari Serangan Tingkat Lanjut

Pakar Kaspersky memberikan beberapa tips berikut ini agar tetap terlindungi dari serangan tingkat lanjut:

  • Gunakan solusi yang memadukan kemampuan deteksi dan respons, serta memabntu mengidentifikasi ancaman tanpa perlu sumber daya internal tambahan
  • Berikan akses ke intelijen ancaman terkini bagi tim SOC perusahaan
  • Pastikan visibilitas mendalam ke ancaman siber yang menjadikan perusahaan sebagai sasaran
  • Beri wawasan keamanan siber yang penting kepada staf untuk mengurangi kemungkinkan serangan yang ditargetkan
  • Gunakan pelatihan pakar Incident Response untuk meningkatkan keahlian forensik digital dalam tim tanggap insiden

Demikianlah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam perusahaan agar senantiasa terlindungi dari serangan tingkat lanjut.

Share:

Artikel Terkini