Niagahoster Senantiasa Berpartisipasi dalam Pengembangan WordPress dan Komunitasnya Niagahoster Senantiasa Berpartisipasi dalam Pengembangan WordPress dan Komunitasnya ~ Teknogav.com

Niagahoster Senantiasa Berpartisipasi dalam Pengembangan WordPress dan Komunitasnya

Teknogav.com – WordPress merupakan platform content management system (CMS) terbesar. Teknologi open source yang digunakan WorPress memungkinkan para pengembang dan pengguna untuk mengubah dan menyesuaikan WordPress dengan kebutuhan secara gratis. Hal ini turut berperan dalam perkembangan WordPress yang pesat dan juga evolusi yang cukup pesat.

“Tidak heran jika 90% pelanggan Niagahoster mempercayakan WordPress sebagai platform website mereka, karena WordPress memang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Website tersebut mulai dari blog pribadi sampai website toko online,” ucap Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster,

proporsi penggunaan CMS di Niagahoster


Pertumbuhan WordPress dalam 13 tahun belakangan mengalami kenaikan sekitar 1-4%. Wordpress juga mendominasi 43% dari semua situs web di internet. Pangsa pasar Wordpress untuk sistem manajemen konten bahkan mencapai 65%. Jadi tak heran jika setiap ada terdapat pembuatan 660 website WordPress.

Wordpress merupakan platform website open source yang mengharapkan partisipasi pengguna untuk meningkatkan kualitas platform ini. Niagahoster pun berusaha ikut serta untuk mengembangkan WordPress dan komunitasnya. Hal ini sesuai dengan komitmen Niagahoster sejak awal berdiri, yaitu memaksimalkan potensi setiap orang di internet melalui website.

Baca juga: Kolaborasi Niagahoster dan IKA UM Mudahkan Penguasaan Keterampilan Digital

Niagahoster Berperan Aktif Membangkitkan Komunitas WordPress Indonesia

Komunitas WordPress Indonesia kerap dianggap sebagai komunitas yang eksklusif. Kenyataannya, semua orang mudah bergabung komunitas ini, bahkan dalam mengorganisir pertemuan WordPress di kota mereka masing-masing. Komunitas WordPress pun terus berupaya agar tak dipandang sebagai komunitas eksklusif, melainkan komunitas inklusif.

Kontribusi Niagahoster pada Five for the Future dan Kegiatan Komunitas WordPress
Peran aktif Niagahoster terlihat dari ketersediaan produk berbasis WordPress dan platform internal yang ramah WordPress.  Sebagai perusahaan web hosting, portofolio Niagahoster mencakup produk WordPress Hosting dan produk yang dioptimasi WordPress. 

Dukungan Niagahoster kepada komunitas WordPress dilakukan dengan memperkenalkannya ke masyarakat dan pelanggan Niagahoster. Hal ini termasuk dukungan pada agenda komunitas dan dengan menggelar event-event edukasi yang ramah WordPress. Niagahoster senantiasa berpartisipasi dalam program-program yang diselenggarakan komunitas WordPress. 

Baca juga: Niagahoster Terus Dukung Komunitas dengan Berbagai Kegiatan Edukasi

Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster

“Harapannya, dengan kontribusi yang terus berjalan, Niagahoster bersama WordPress dapat memperkuat ekosistem open source. Selain itu juga memberikan manfaat yang makin besar bagi para pelanggan setia,” lanjut Ayunda.

Selain itu, Niagahoster juga mendelegasikan karyawan (Hoster Ranger) dalam program Five for the Future. Program ini merupakan inisiatif yang mempromosikan kontribusi komunitas WordPress pada pertumbuhan platform. Para Hoster Ranger yang berpartisipasi dalam program Five for the Future meluangkan 5% jam kerjanya setiap minggu untuk pengembangan WordPress. Kini ada 10 Hoster Ranger yang berkontribusi secara aktif di berbagai tim. Beberapa tim tersebut mencakup Community Team, Marketing Team, Photos Team, Polyglots Team, dan Support Team.

A Sofalul Khazari, Customer and Community Relations Specialist Niagahoster

Baca juga: Niagahoster Development Programs Tingkatkan Digital Skills Masyarakat 

“Salah satu dukungan Niagahoster yang terbesar dalam kegiatan komunitas WordPress adalah menjadi sponsor dalam WordCamp Gresik 2022. Niagahoster juga menjadi inisiator untuk kegiatan Road to WordCamp. Hoster Ranger juga berkontribusi sebagai speaker dan organizer di beberapa kegiatan komunitas WordPress, serta hadir dalam WordCamp Asia di Bangkok,” ucap A Sofalul Khazari, Customer and Community Relations Specialist Niagahoster.

Niagahoster juga mengadakan event WordPress Championship 2023 dalam rangka merayakan ulang tahun WordPress ke-20 pada tanggal 27 Mei 2023. Selain itu, Niagahoster juga menjadi tuan rumah perayaan ulang tahun yang diselenggarakan komunitas WordPress Yogyakarta. Niagahoster juga hadir dalam perayaan yang digelar komunitas WordPress Jakarta.

Share:

Artikel Terkini