Dukung Kesadaran Imunitas Siber Asia Tenggara, Kaspersky bergabung dengan MyIoTA Dukung Kesadaran Imunitas Siber Asia Tenggara, Kaspersky bergabung dengan MyIoTA ~ Teknogav.com

Dukung Kesadaran Imunitas Siber Asia Tenggara, Kaspersky bergabung dengan MyIoTA

Teknogav.com - Malaysian Internet-of-Things Association (MyIoTA) adalah organisasi tingkat nasional yang didirikan sekelompok inidividu dan perusahaan swasta. Mereka merupakan para antusias yang terlibat dalam ruang lingkup IoT di Malaysia dan Asia Tenggara. Kaspersky bergabung dalam MyIoTA dengan misi berkontribusi pada ketahanan dunia maya yang lebih baik dari perusahaan IoT di Asia Tenggara.

MyIoTA dan Malaysian Digital and Economy Corporation (MDEC) bekerja sama menggerakkan ekonomi digital di Malaysia. Tujuan kerja sama tersebut adalah  agar dapat menjadikan Malaysia sebagai pusat digital Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi digital Malaysia diperkirakan akan mencapai USD1 triliun pada tahun 2030. Pemicu pertumbuhan ekonomi tersebut adalah pertumbuhan e-commerce, fintech, pengiriman makanan, media online, kesehatan, dan edukasi.

Baca juga: APAC Online Policy Forum Bahas Strategi Keamanan Siber

Kaspersky bergabung dalam MyIoTA untuk mendukung bersatunya ratusan organisasi terkait digitalisasi dan bermitra dengan asosiasi IoT lain di Asia Tenggara. Tujuannya agar mereka dapat saling berinteraksi dengan para pemain pasar lokal yang relevan. Mereka pun dapat menyatukan pemahaman dan kebutuhan dalam menentukan solusi dan teknologi sesuai minat pasar.

Berbagi visi teknologi kepada perusahaan lokal dan komunitas TI merupakan tuujuan Kaspersky dalam perannya sebagai perusahaan keamanan siber global. Kaspersky juga bertujuan membantu lebih banyak bisnis di Asia Tenggara untuk memanfaatkan pendekatan Kaspersky Cyber Immunity. Pendekatan ini memungkinkan penggunaan sistem operasi KasperskyOS untuk menciptakan produk-produk yang lebih aman secara desain (Secure-by-Design) dengan menerapkan metodologi tertentu. Produk semacam ini tak bisa dikompromikan secara virtual dalam kondisi standar.

Baca juga: Ancaman Siber terhadap Bisnis di Asia Tenggara Menurun pada 2022

“Kami menyambut Kaspersky sebagai bagian dari keanggotaan serta memperluas ekosistem solusi IoT dan penyedia layanan di Malaysia. Keamanan siber IoT merupaakan satu perhatian dan tantangan utama. Hal ini terutama ketika IoT menjadi wadah bagi banyak negara menuju revolusi industri keempat dan pertumbuhan ekonomi digital. Keahlian Kaspersky di bidang tersebut akan sangat diapresiasi dalam kemajuan ekosistem ini,” kata James Lai, Ketua MyIoTA.

Kolaborasi Kaspersky dan MyIoTA dilakukan untuk mengidentifikasi proyek percontohan perusahaan dan solusi ketahanan siber untuk smart city. Upaya ini dilandasi platform IoT lokal Malaysia dan Kaspersky IoT Secure Gateways. Pengembangan proyek potensial akan dilakukan bersama dengan Adaptive Production Technology (APROTECH) yang merupakan anak perusahaan Kaspersky IIoT. APROTECH bergerak dalam bidang penyediaan rekayasa dan sumber daya IoT.

Bac juga: Ernest Chai Didapuk Kaspersky sebagai Head Of Channel Asia Pasifik

“Kemitraan yang kuat dalam asosiasi dan tautan ke pemanfaatan nyata kasus adalah bagian penting dari keputusan kami. Kaspersky, bersama dengan APROTECH berpeluang besar untuk bekerja sebagai percontohan di Smart City dan industri utama lainnya. Kolaborasi ini dapat  menghasilkan sinergi serta solusi bersama para mitra lokal, dengan menggabungkan nilai bisnis dan topik ketahanan siber. Hal ini karena ekonomi digital adalah salah satu arus utama strategi nasional. Kami yakin keanggotaan kami dapat membawa hasil bersama yang baik bagi para pemimpin nasional dan seluruh kawasan Asia Tenggara,” ucap Andrey Suvorov, Kepala Unit Bisnis KasperskyOS.

Share:

Artikel Terkini