Jalin Kerja Sama Strategis dengan AWS, Pendapatan Metrodata Melonjak Drastis Jalin Kerja Sama Strategis dengan AWS, Pendapatan Metrodata Melonjak Drastis ~ Teknogav.com

Jalin Kerja Sama Strategis dengan AWS, Pendapatan Metrodata Melonjak Drastis

Teknogav.com – PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) meraih pertumbuhan bisnis luar biasa yang dikontribusikan oleh pertumbuhan bisnis Amazon Web Services (AWS). Pertumbuhan bisnis AWS tersebut mencapai 257% setelah menjalin Kerja Sama Strategis dengan AWS sejak Oktober 2021. AWS adalah perusahaan penyedia layanan cloud terlengkap yang banyak digunakan di dunia. Metrodata berhasil menjadi perusahaan integrator sistem pertama di Indonesia yang meraih penghargaan AWS Migration Competency dari AWS.

Selama enam belas bulan terakhir, lebih dari 60 organisasi di Indonesia telah dibantu Metrodata untuk bertransformasi secara digital menggunakan AWS. Bidang-bidang perusahaan tersebut pun beragam, mencakup distribusi, industri nirlaba, layanan publik, jasa keuangan, manufaktur dan retail. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan makanan dan minuman besar Garudafood. Selain itu juga ada produsen susu, PT Mulia Boga Raya Tbk.

Baca juga: Metrodata dan AWS Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital Perusahaan-perusahaan dengan Cloud 

Seiring  permintaan pelanggan akan layanan cloud yang terus meningkat, Metrodata menyediakan Cloud Center of Excellence (CCOE) demi memenuhi permintaan tersebut. Metrodata berkolaborasi dengan para tenaga ahli AWS dalam menghadirkan CCOE tersebut. CCOE disediakan untuk membantu pelanggan di Indonesia dalam mempercepat transisi dari on-premise ke cloud menggunakan AWS Cloud. Transformasi ke cloud memungkinkan pelanggan untuk terus berinovasi, meningkatkan produktivitas, menghemat biaya dan mengembangkan bisnis.

Tentu saja, dalam melakukan transformasi cloud, tak hanya teknologi saja yang penting, tetapi juga kemampuan digital dari sumber daya manusia. Hal ini ditunjukkan oleh temuan-temuan dari hasil penelitian AWS dan Gallup. Laporan penelitian tersebut menunjukkan bahwa 82% organisasi di Indonesia meraih pendapatan lebih tinggi dengan memperkerjakan karyawan dengan kecakapan digital terbaik. Sayangnya 86% dari organisasi tersebut kesulitan dalam mendapatkan karyawan.

Baca juga: Raih Penghargaan dari AWS, ICS Compute Terus Tawarkan Solusi Inovatif 

Sejak menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan AWS, Metrodata telah melatih lebih dari 100 karyawan teknis dan non-teknis. Mereka yang mendapat pelatihan tersebut pun memperoleh sertifikasi atau akreditasi AWS. Para karyawan baru dilatih mengenai AWS Cloud melalui pusat pembelajaran online AWS Skill Builder. Platform tersebut menyediakan akses ke lebih dari 600 kursus online dan sumber daya pembelajaran untuk membangun kecakapan cloud yang penting.

Metrodata berhasil meraih predikat AWS Migration Competency pada Mei 2023. Pencapaian ini menjadikan Metrodata sebagai perusahaan integrator sistem pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut. Penghargaan ini diberikan atas kemampuan Metrodata dalam membantu pelanggan untuk memindahkan beban kerja yang sangat penting ke AWS. Kemampuan ini terlepas dari tingkat kerumitannya, sekaligus memitigasi risiko, meningkatkan kelincahan, dan meningkatkan keamanan. Program Kompetensi AWS memvalidasi dan mempromosikan Mitra AWS yang telah menunjukkan keahlian teknis AWS dan mendukung keberhasilan pelanggan. 

Baca juga: Berca Paparkan Keandalan Cloud untuk Pengembangan Bisnis Berbagai Sektor Industri

Alexander Kuntoro, Presiden Direktur, PT Mitra Integrasi Informatika

"Perjanjian Kerja Sama Strategis kami dengan AWS telah membantu kami dalam memenuhi permintaan yang makin meningkat dari para pelanggan dalam mengadopsi penggunaan cloud-first untuk mendorong transformasi digital. Bersama AWS, kami telah meningkatkan keterampilan tenaga kerja kami secara digital, menciptakan AWS Cloud Center of Excellence yang berdedikasi, dan mengembangkan sumber daya untuk mengembangkan bisnis AWS kami hingga tiga kali lipat dalam waktu 16 bulan, " ucap Alexander Kuntoro, Presiden Direktur, PT Mitra Integrasi Informatika. 

Metrodata telah menjadi Mitra AWS sejak tahun 2013 dan telah menghasilkan rekam jejak AWS dalam proyek-proyek transformasi digital di Indonesia. Diraihnya AWS Migration Competency merupakan tonggak sejarah baru dalam perjalanan satu dekade Metrodata bersama AWS. Alexander berharap penghargaan tersebut dapat mendukung Metrodata menghadirkan lebih banyak proyek transformasi cloud bagi bisnis lokal. Hal ini tentunya akan membuka fase pertumbuhan Metrodata selanjutnya. 

Kirsten Gilbertson, Partner Sales Lead, ASEAN, AWS

"Menjalin perjanjian kerja sama strategis dengan AWS memacu pertumbuhan Metrodata dan terus membantu pelanggan untuk mengadopsi layanan cloud dengan menggunakan infrastruktur kelas dunia dari AWS, termasuk AWS Jakarta Region. Kami berkomitmen untuk mendukung para mitra dengan kemampuan dan keahlian kami dalam mentransformasi bisnis lokal secara digital menggunakan cloud, dan pencapaian AWS Migration Competency oleh Metrodata merupakan contoh terbaru dari kolaborasi yang berkelanjutan ini, " ucap Kirsten Gilbertson, Partner Sales Lead, ASEAN, AWS. 

Metrodata telah bergabung dengan AWS Partner Network (APN) pada tahun 2013. Sejak itu, Metrodata telah berhasil mendukung lebih dari 80 proyek transformator AWS Cloud. Beberapa proyek tersebut mencakup migrasi SAP HANA Cloud, modernisasi dan pengembangan aplikasi, serta solusi data warehousing dan visualisasi. Pada tahun 2021, Metrodata juga  melakukan migrasi beban kerja SAP perusahaan kertas terbesar di Indonesia, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, ke AWS. 

"Migrasi SAP ke AWS telah membantu kami menghemat lebih banyak biaya infrastruktur TI dan biaya pemeliharaan, karena kami dapat membayar sesuai dengan yang kami butuhkan, sambil terus meningkatkan bisnis utama kami. Kami sangat antusias untuk melanjutkan perjalanan transformasi cloud kami bersama Metrodata dan AWS untuk melayani pelanggan dengan lebih baik lagi melalui layanan-layanan inovatif di masa depan," ucap Ishak Surjana, Chief Technology Officer, PT Fajar Surya Wisesa Tbk. 

Metrodata menargetkan untuk mencapai kompetensi solusi tambahan di tahun 2023 melalui perjanjian kerja sama strategis dengan AWS. Upaya ini dilakukan dengan melayani lebih dari 100 pelanggan AWS di Indonesia. Selain itu, Meteodata juga memiliki target nilai bisnis AWS di atas USD10 juta di tahun 2023.

Share:

Artikel Terkini