Nokia Pamerkan Solusi Jaringan dan Inovasi Terkini pada ’Amplify Indonesia’ Nokia Pamerkan Solusi Jaringan dan Inovasi Terkini pada ’Amplify Indonesia’ ~ Teknogav.com

Nokia Pamerkan Solusi Jaringan dan Inovasi Terkini pada ’Amplify Indonesia’


Teknogav.com – Nokia memamerkan berbagai solusi jaringan dan inovasi terkininya di ajang ’Amplify Indonesia’ yang digelar di Ballroom Four Seasons, Jakarta. Selain itu, dipaparkan juga mengenai strategi perusahaan dan teknologi terkini untuk mempercepat transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Nokia dan mempelopori solusi jaringan generasi berikutnya dan inovasi teknologi B2B.

Strategi teknologi Nokia dipaparkan dalam kata sambutan Ozgur Erzincan, Presiden Direktur Nokia Indonesia. Harapannya, strategi Nokia dapat mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia dan penyedia layanan komunikasi untuk membuka potensi dan memaksimalkan peluang digitalisasi. Gambaran mengenai kepemimpinan teknologi Nokia pun dipaparkan oleh Rob Joyce, Chief Technology Officer Nokia Oceania. Beliau juga memaparkan mengenai inovasi dan teknologi Nokia terkini.

Baca juga: Nokia Pamerkan Solusi Industri 4.0 pada 'MWC Revisited 2022 Indonesia
Ozgur Erzincan, Presiden Direktur Nokia Indonesia

Nokia berperan dalam mendukung proses digitalisasi di Indonesia, sehingga para pelanggannya dapat melakukan transformasi digital. Para pelanggan Nokia dapat mempersiapkan dunia digital yang lebih imersif, saling terhubung dan stabil. Serangkaian inovasi terkini Nokia mendukung industri-industri utama Indonesia melakukan trasformasi digital dan meningkatkan produktivitas yang akan meningkatkan perekonomian Indonesia.'

Rob Joyce, Chief Technology Officer Nokia Oceania

Beberapa inovasi, produk dan teknologi terkini dari seluruh portofolio perusahaan pun dipresentasikan Nokia. Presentasi mencakup jaringan seluler, jaringan cloud dan teknologi infratruktur jaringan yang telah dipamerkan pada Mobile World Congress 2023 di Barcelona. Serangkaian teknologi tersebut menunjukkan kesiapan Nokia dalam membentuk masa depan industri Indonesia dan mendorng pertumbuhan sosial-ekonomi. Upaya tersebut dilakukan dengan mendukung penyedia layanan komunikasi dan korporasi di Indonesia sepanjang perjalanan 5G dan transformasi digital mereka.

Perry Poehlmann, Head of Marketing Nokia Asia Pacific - Japan

 

Inovasi-inovasi Nokia

Berikut ini adalah beberapa Inovasi Nokia yang dihadirkan pada ‘Amplify Indonesia’:

MX Industrial Edge

Nokia MX Industrial Edge adalah solusi on-premise edge yang dirancang utuk memenuhi kebutuhan mission-critical dari lingkungan industri padat aset. Teknologi ini memadukan kelincahan dan kesederhanaan model edge-as-a-service dengan arsitektur edge berkinerja tinggi, tangguh, dan aman. Solusi ini bertujuan untuk mempercepat transformasi digital teknologi operasional dan membukat penggunaan penting bisnis untuk korporasi. Salah satu contoh penerapannya adalah untuk memantau video feeds dan memberikan peringatan secara real-time. Solusi ini juga dapat menganalisa video tingkat lanjut untuk penerapan penting seperti jaminan kualitas atau keamanan.

NetGuard Cybersecurity Dome

Kemampuan Extended Detection and Response (XDR) melandasi layanan NetGuard Cybersecurity. Solusi keamanan siber ini telah berhasil meraih penghargaan berkat penggunaan teknologi pre-built 5G untuk menjamin keamanan jaringan. Tim keamanan jaringan dapat memilih penggunaan 5G dari katalog yang lengkap untuk menmanfaatkan seluruh teknologi telekomunikasi. Pilihan yang tersedia mulai dari RAN sampai Transport dan Core. Kemampuan XDR pada solusi ini dapat mengumpulkan, mengakumulasi, menganalisis dan menghubungkan kdata keamanan dari berbagai sumber. Konteks telekomunikasi memperkaya solusi ini sehingga membantu tim operasi keamanan dalam menilai risiko bisnis. Pengambilan keputusan pun dapat ditingkatkan dengan pengendalian biaya dan risiko.

Wavence Microwave Solutions

Portofolio Wavence Microwave Nokia merupakan solusi lengkap untuk semua penggunaan, baik untuk operator telekomunikasi, maupun pelanggan korporasi. Cakupan portofolio ini termasuk manajemen berbasis jarak jauh, jarak pendek, E-Band, dan SDN (Software Definable Networks). Penerapan zero-footprint untuk arsitektur full-outdoor dapat diintegrasikan langsung dengan perangkat RAN dan IP dengan manajemen umum. Hal ini mengurangi konsumsi energi jaringan secara keseluruhan. Target untuk lebih menghemat energi pun didukung fitur perangkat lunak dan fitur otomatis.

Portofolio Nokia dalam Solusi Produk Optik

Produk dan solusi jaringan optik Nokia memudahkan penyesuaian ukuran lebih leluasa pada konektivitas dasar untuk komunikasi jaringan. Solusi Nokia berskala dari jaringan edge dan melintasi tautan jarak jauh/inti dan bawah laut. Jaringan yang lebih cerdas dan otomatis pun dapat dibangun dengan operasi jaringan yang lebih sederhana. Hal ini memungkinkan nuntuk menyediakan layanan dengan lebih ramping dan total biaya kepemilikan jaringan (TCO) bisa lebih rendah. Solusi otomatisasi jaringan Nokia mendukung pertumbuhan pendapatan bagi CSP, korporasi webscale dan korporasi lain. Mereka pun dapat mempercepat penyebaran layanan, serta membangun jaringan IP dan optik yang lebih terprogram, responsif, efisien dan andal.


Pengembangan Chipset Nokia

  • Chipset ReefShark berkontribusi pada jaringan end-to-end 5G, meningkatkan kecerdasan dan kinerja antena MIMO yang masif, serta Modul Sistem AirScale. Nokia mengembangkan chipset tersebut ddemi mewujudkan solusi jaringan berkinerja tinggi dan efisien. Pengembangan tersebut dilandasi pengalaman dalam desain silikon dan keahlian pengembangan antena perangkat seluler dan inovasi Nokia Bell Labs dalam AI.
  • Platform berkemampuan PSE-6s Nokia dirancang untuk membantu operator jaringan memastikan jaringan transmisi optik mereka dapat disesuaikan ukurannya. Kemampuan tersebut dihadirkan untuk memenuhi permintaan kapasitas yang meningkat secara eksponensial, memberikan layanan berkecepatan sangat tinggi secara efisien. Layanan ini termasuk 400GE dan 800GE yang juga menurunkan konsumsi daya jaringan.
  • Chipset Quillion Nokia mendukung GPON, XGS-PON, NG-PON2, dan Multi-PON Modules (misalnya, GPON + XGS-PON) dengan kepadatan port terdepan di industri. Kemampuan non-blocking throughput sepenuhnya juga disajikan oleh chipset tersebut. Chipset juga lebih hemat daya sampai 50%, meningkatkan fitur kompetitif dan menawarkan inovasi dan diferensiasi secara tepat waktu, Nokia membuat keputusan strategis untuk memanfaatkan kemampuan desain ASIC pemrosesan jaringan berkinerja tinggi yang telah terbukti dan mengembangkan Quillion.
  • Silikon pemrosesan jaringan FP5 Nokia memberikan lompatan generasi dan menetapkan tolok ukur baru dalam kapasitas jaringan IP dan efisiensi daya. Kemampuan inovasi ini mencakup perlindungan lalu lintas jaringan dari ancaman keamanan FP5. Ini adalah silikon routing berkinerja tinggi dengan enkripsi laju jalur terintegrasi untuk layanan jaringan L2, L2.5 dan L3 dengan kecepatan hingga 1,6 Tb/s. Teknologi ini dapat menghemat konsumsi daya sampai 75% dibandingkan generasi sebelumnya.
"Strategi perusahaan dan teknologi yang diperbarui sejalan dengan strategi pertumbuhan jangka panjang kami yang berkelanjutan. Nokia tetap berkomitmen untuk Indonesia dan mendukung bangsa ini dalam peta jalan Industri 4.0. Strategi baru Nokia adalah bagian dari inisiatif kami yang lebih besar untuk membantu ekosistem Indonesia menangkap dan mendorong peluang transformasi digital di setiap industri. Kami yakin bahwa peluang untuk perjalanan transformasi digital Indonesia sudah matang untuk peningkatan produktivitas, keberlanjutan, dan aksesibilitas yang besar. Kami juga sangat senang dengan peran berkelanjutan Nokia dalam mendukung mitra dan pelanggan dalam perjalanan ini. Kami berharap dapat memberikan solusi terbaik yang dibutuhkan untuk mendorong bangsa ini maju menuju masa depan,” ucap Ozgur Erzincan, Presiden Direktur Nokia Indonesia.

Share:

Artikel Terkini