Waspada Penipuan Berkedok Barbie dan Oppenheimer Waspada Penipuan Berkedok Barbie dan Oppenheimer ~ Teknogav.com

Waspada Penipuan Berkedok Barbie dan Oppenheimer

Teknogav.com –  Saat ini film Barbie dan Oppenheimer yang sudah dinanti-nantikan sedang tayang di bioskop. Kepopuleran kedua film tersebut turut membuka peluang bagi penjahat siber untuk mengeksplotasi minat penggemar Barbie dan Oppenheimer. Kaspersky telah menemukan penipuan phishing demi memperoleh uan dan data pribadi.

Baca juga: Kemeriahan Oscar Picu Ancaman Siber Berkedok Gratis Nonton Streaming

Salah satu halaman penipuan memberikan penawaran khusus boneka Barbie edisi terbatas bertema film terbaru seharga GBP12. Halaman tersebut juga menampilkan Margot Robbie yang merupakan pemeran utama film Barbie. Tersedia juga helikopter seharga GBP56 yang jika ditotal dengan diskon eksklusif menjadi hanya GBP60. Korban yang terpikat penawaran tersebut akan dialihkan ke formulir pembelian. Mereka diminta mengisi data berupa nama, alamat, nomor telepon dan informasi perbankan. Tanpa sadar, korban mengirim uang dan data pribadi langsung ke penipu. Tak hanya kerugian secara finansial, penipuan ini pun menimbulkan masalah privasi karena data tersebut dapat dijual di dark web.
 


Halaman penipuan yang menjual boneka Barbie


Halaman penipuan yang menjual boneka Barbie

Baca juga: Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web 

Film Oppenheimer pun tak lepas dari eksploitasi, penjahat siber melakukan penipuan dengan penawaran streaming film secara gratis. Tentu saja, lagi-lagi ini merupakan pancingan untuk mendapatkan informasi pribadi dan juga uang si korban. Biasanya penipu menggunakan jurus meminta biaya USD1 atau EUR1 untuk melakukan pendaftaran. Namun persyaratan pembayaran tersebut justru harus diwaspadai. Pendaftaran ini meminta untuk menautkan kartu kredit atau kartu debit dari bank, sehingga dapat diakses secara tidak sah. Korban pun sulit untuk membatalkan penautan kartu tersebut.
 

Halaman penipuan yang menawarkan streaming Oppenheimer

Baca juga: Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada!

“Pertunjukan perdana dan acara menarik menghadirkan gelombang antisipasi. Di tengah kehebohan tersebut, penting bagi pengguna untuk tetap waspada dan mematuhi aturan keamanan online dasar. Meskipun pengalamannya menggembirakan, kita tidak boleh mengabaikan risikonya. Pertahankan pola pikir waspada dan praktikkan kebiasaan online yang aman agar kita dapat sepenuhnya menikmati pengalaman Barbie dan Oppenheimer. Hal ini penting demi melindungi diri dari ancaman dunia maya yang mengintai di dunia digital," ucap Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Tips Aman di Tengah Euforia Pemutaran Film

Pakar Kaspersky memberikan beberapa rekomendasi berikut ini agar tetap aman saat menikmati keseruan seputar pemutaran film yang dinanti-nantikan.

  • Waspada terhadap penipuan phishing yang biasanya disampaikan melalui email, pesan, atau situs web mencurigakan. Biasanya penipuan phishing tersebut memberikan penawaran eksklusif atau barang gratis. Periksa ulang keaslian sumber sebelum membagikan informasi pribadi apa pun atau melakukan transaksi online.
  • Verifikasi keamanan situs web dengan memastikan situs web tersebut menggunakan koneksi yang aman saat membeli barang atau mengakses konten terkait. Cari "https://" di URL dan simbol gembok di bilah alamat yang menunjukkan situs web tersebut aman.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah Kaspersky Premium yang dapat mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Berhati-hati saat berbagi informasi pribadi secara online, terutama detail sensitif seperti alamat, nomor telepon, atau informasi keuangan. Hanya bagikan informasi tersebut pada platform tepercaya dan aman.
  • Hanya bergantung pada sumber tepercaya. Gunakan situs web resmi, pengecer resmi, dan sumber tepercaya untuk membeli merchandise, menonton film, atau mendapatkan informasi terkait pemutaran perdana. Hindari sumber tidak resmi atau mencurigakan yang mungkin mencoba mengeksploitasi euforia.

Demikianlah beberapa tips yang disampaikan Kaspersky agar tidak terjebak euforia pemutaran film Barbie dan Oppenheimer.

Share:

Artikel Terkini