Lazada Hadirkan Fitur Diagnosa Kulit dengan Teknologi AR di Aplikasi Lazada Hadirkan Fitur Diagnosa Kulit dengan Teknologi AR di Aplikasi ~ Teknogav.com

Lazada Hadirkan Fitur Diagnosa Kulit dengan Teknologi AR di Aplikasi

Teknogav.com – Genap setahun peluncuran kanal khusus produk-produk kecantikan LazBeauty, Lazada meluncurkan inovasi terkini untuk memudahkan pelanggan membeli produk kecantikan sesuai kebutuhan. Inovasi ini adalah fitur untuk mendiagnosa kulit dan kemudian memberikan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan kulit dan anggaran. Lazada berharap kehadiran fitur ini dapat membangkinkan mindset ‘smart beauty consumption’ bagi pengguna Lazada.

Hasil penelitian Lazada menunjukkan bahwa 70% pembelian perawatan kulit biasanya lebih terencana. Perencanaan tersebut baik untuk produk dan brand yang sama atau atau produk yang sama dari brand lain. Sedangkan, 30% responden membeli produk tata rias secara impulsif karena ingin mencoba produk varian baru atau produk dari brand lain. Berikut ini beberapa hasil riset yang mengungkapkan alasan pelanggan memilih berbelanja produk kecantikan di e-commerce, yaitu sebagai berikut:

  • Adanya official store suatu brand yang bekerja sama dengan e-commerce atau toko yang sudah dipercaya kualitas produknya
  • Kenyamanan dan kemudahan pada saat berbelanja online
  • Pilihan produk yang lengkap dan kemudahan memilih produk dari berbagai brand  dibandingkan belanja langsung di toko offline
  • Kemudahan mendapatkan berbagai promo dan penawaran menarik

Baca juga: Bening’s Indonesia Gandeng WIR Group Hadirkan Layanan Kecantikan di Metaverse

“Saat ini perempuan Indonesia sudah makin menyadari pentingnya selalu menjaga penampilan serta makin berkembangnya industri kecantikan Indonesia. Kami mengamati pentingnya memahami kondisi kulit dengan baik sehingga para beauty enthusiast dapat menggunakan produk yang paling cocok dan sesuai. Oleh karena itu kami memperkenalkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk memudahkan konsumen dalam mengeksplorasi dan mencari produk kecantikan sesuai kebutuhan sehingga memiliki mindset ‘Smart Beauty Consumption’,” ucap Lia Kurtz, Senior Vice President, Category Director FMCG Lazada Indonesia.

Lia Kurtz, Senior Vice President, Category Director FMCG Lazada Indonesia

Lazada memandang pentingnya fitur untuk memudahkan mencari, menemukan dan membeli produk perawatan dan kecantikan dengan efektif dan efisien. Fitur tersebut kemudian dihadirkan Lazada agar para beauty enthusiast dapat melakukan ‘Smart Beauty Consumption’. Pengguna dapat mengetahui jenis dan masalah kulit dengan memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Fitur ini dapat diakses pengguna LazBeauty yang telah menjadi anggota di LazBeauty Club.

fitur skin test dengan AR

Kehadiran fitur untuk mendiagnosa kulit ini melengkapi fitur Virtual Try-On yang sudah hadir sebelumnya. Fitur Virtual Try-On berfungsi untuk memudahkan konsumen memilih jenis produk tata rias secara virtual di kanal LazBeauty. Selain itu, Lazada menyediakan kanal khusus Try & Buy untuk memudahkan pelanggan mencoba kecocokan produk dengan membeli produk berukuran kecil. Kemasan ukuran kecil ini memberi kesempatan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli produk berukuran standar.

Baca juga: KoinWorks Paparkan Prinsip Dampak Sosial KoinRobo di Kegiatan #MeetYourPeers

Lazada juga menggelar promo diskon dan penawaran menarik lain di ajang Brand Day dan Category Day. Promo tersebut dihadirkan demi menyajikan pengalaman berbelanja produk kecantikan yang lebih mendalam. Pentingnya review dalam mengambil keputusan pembelian produk pun didukung Lazada dengan menghadirkan program Review Incentives. Program tersebut menawarkan cashback sebesar Rp2.000 untuk review yang diberikan dengan dilengkapi foto dan minimal 50 kata. Cashback tersebut langsung dimasukkan dalam wallet Lazada dan dapat digunakan untuk berbelanja kembali.

Putri Caya, Beauty Enthusiast

“Berdasarkan pengalaman, mayoritas perempuan banyak menghabiskan waktunya untuk mencari informasi dan memilah berbagai produk kecantikan, baik skincare maupun make up. Hal ini dilakukan karena kondisi dan kebutuhan setiap orang beragam. Fitur dan layanan yang dihadirkan LazBeauty memudahkan menemukan dan mencoba berbagai produk kecantikan, terutama bagi mereka yang baru mau memulai bereksplorasi berbagai tipe produk. Kita bisa menemukan produk yang sesuai kebutuhan dan budget dengan berbagai pilihan produk original dan berkualitas. Ketersediaan pilihan ini memungkinkan kita untuk bisa menjadi smart buyer,” ucap Putri Caya, Beauty Enthusiast.

Baca juga: Serangkaian Workshop aroom.id Asah Skill Wanita agar Kreatif dan Produktif

LazBeauty Club dihadirkan Lazada pada 2022 sebagai platform komunitas kecantikan sehingga memudahkan bertukar informasi dan mendapat produk kecantikan yang sesuai. Hadir sebagai strategi penting Lazada, makin banyak inisiatif dan kegiatan-kegiatan yang digelar LazBeauty Club bagi para anggotanya. Berbagai diskon, sampel gratis dan hadiah menarik dapat diperoleh dengan menjadi anggota LazBeauty Club.

Manfaat menjadi anggota LazBeauty Club

“Saat ini jumlah member LazBeauty Club sudah mencapai 2,2 juta dalam waktu kurang dari satu tahun. Angka ini sudah melebihi member salah satu perusahaan di bidang beauty. Para nggota LazBeauty Club pun cukup aktif. Di tengah ketatnya persaingan, Lazada tidak melakukan perang harga, tetapi memberikan keunikan. Kami meyakini, pelanggan pasti kembali jika hanya Lazada yang memiliki berbagai keunikan. Beberapa keunikan Lazada mencakup AR skin test, LazBeauty Club dan hadiah ulang tahun,” ucap Lia.

Lazada juga menawarkan layanan proteksi kecantikan. Jaminan perlidungan ini sampai 4 kali harga barang jika terjadi efek samping dari produk yang dibeli. Dalam rangka merayakan ulang tahun LazBeauty, tersedia juga promo eksklusif dan berbagai peluncuran eksklusif dari banyak brand ternama.
“Kami berharap konsumen dapat mencari produk kecantikan sesuai kebutuhan dengan fitur dan inovasi terkini Lazada. Pelanggan diharapkan dapat berbelanja pada e-commerce, terutama di kanal LazBeauty yang menyediakan produk lengkap dan original. Hal ini sejalan dengan komitmen Lazada untuk selalu memberikan pengalaman berbelanja yang terpercaya, aman, menyenangkan, dan nyaman bagi konsumen,” pungkas Lia.

Share:

Artikel Terkini