Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition, Smartwatch Selam Ramah Lingkungan Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition, Smartwatch Selam Ramah Lingkungan ~ Teknogav.com

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition, Smartwatch Selam Ramah Lingkungan

Teknogav.com  - Garmin menghadirkan smartwatch terkini, yaitu Descent G1 – Ocean Edition, sesuai namanya, smartwatch ini cocok bagi penyelam yang senang menaklukkan lautan. Berbagai fitur menyelam telah hadir pada smartwatch ini untuk meningkatkan pengalaman. Penggunaan sehari-hari yang haus akan kebugaran pun dapat dipenuhi dengan berbagai fitur pintar dan multisport. Pecinta lingkungan tentunya juga akan menyukai smartwatch ini, karena menggunakan bahan hasil daur ulang plastik di lautan.

Slogan ‘For Both Your Worlds’ menjadikan Descent G1 Solar Edition tak hanya cocok untuk menyelam, tetapi juga berbagai olahraga lain. Jadi, smartwatch ini cocok juga untuk mendampingi berlari, reanng, paddle board, bersepada, mendaki, mendayung, yoga, pilates dan berselancar. Smartwatch ini cocok bagi yang memiliki gaya hidup aktif dan berkelanjutan.

Baca juga: Ini Spesifikasi HUAWEI WATCH GT 4 dan HUAWEI WATCH Ultimate

Penggunaan Bahan Daur Ulang yang Kokoh

Jaring ikan yang terbengkalai di lautan telah mempengaruhi 45% mamalia laut yang ada dalam daftar Merah Spesies Terancam Punah. Daftar tersebut disusun oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Ukuran jaring ikan yang terbengkalai juga cukup besar, lebih dari 3,2 km dan baru bisa diuraikan 600 tahun kemudian. 

Descent G1 - Ocean Edition menggunakan bahan 100% plastik daur ulang dari jaring ikan yang terbengkalai di lautan (Ocean Bound Plastic). Bahan tersebut digunakan pada bagian rangka, bezel, dan tombol, sehingga berperan dalam mengurangi pencemaran laut. Pemanfaatan 100% plastik daur ulang ini menggantikan 48% bahan plastik yang digunakan di G1. Strap belum menggunakan bahan daur ulang, karena membutuhkan kelenturan dan bahan khusus yang belum bisa diakomodir bahan daur ulang.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition dan bahan daur ulang

Selain sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, penggunaan bahan tersebut ideal untuk mendukung ketahanan smartwatch luar ruang berstandar militer. Garmin meyakini bahwa upaya menjaga kelestarian linkungan membutuhkan komitmen berkelanjutan. Upaya ini dimulali dengan mengumpulkan jaring ikan, mengubahnya menjadi bahan yang kuat, dan dapat digunakan kembali pada smartwatch selam Garmin. Kemasan Descen G1 juga disempurnakan dengan mengurangi pemakaian plastik dan menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

Penggunaan Energi Terbarukan

Desain smartwatch ini kokoh dan didukung lensa pengisian daya bertenaga surya sehingga dapat menjelajahi laut lebih lama. Pada mode selam, daya smartwatch bisa bertahan sampai 25 jam, sedangkan pada mode smartwatch bertahan sampai 124 hari. Sementara itu, dalam mode GPS dan dukungan pengisian tenaga surya maka daya bisa bertahan sampai 39 jam. 

Baca juga: Garmin Instinct Solar, Smartwatch dengan Baterai Dahsyat dan Tenaga Surya

Safir tingkat tinggi yang dipatenkan dihadirkan pada tampilan Power Sapphire yang juga menyajikan transparansi tinggi pada panel surya. Power Sapphire ini anti-longgar, anti-gores dan memaksimalkan area penyerapan tenaga surya dan mengonversinya ke daya dengan efisiensi tinggi. Saat berada di mode hemat daya, maka daya dapat digunakan untuk waktu yang tak terbatas.

Lebih dari 30 paten teknologi pengisian daya tenaga surya dimiliki Garmin. Bahan yang sangat tipis berkualitas tinggi yang berlapis digunakan untuk mengoptimalkan kinerja penyerapan daya. Teknologi pengisian daya efisien Garmin bisa mencapai lima kali lebih tinggi dari standar industri.

Fitur-fitur Selam dan Kebugaran

Layar Descent G1 – Ocean Edition menyediakan tampilan monokrom dan kontras tinggi, sampai tampilan angka lebih besar. Tampilan tersebut tentu saja memudahkan melihat informasi saat berada di bawah permukaan air. Informasi ini mencakup kedalaman saat ini, waktu selam, No-Decompression Limit (NDL), N2, PO2, suhu, waktu interval permukaan dan sebagainya. Tampilan pada layar juga bisa ditambah atau disesuaikan sesuai dengan preferensi penggunanya.

Titik masuk dan keluar permukaan untuk setiap sesi penyelaman didukung oleh surface GPS Multi-band GNSS (atau teknologi multi-frekuensi). Fitur ini memudahkan untuk mengetahui tempat memulai dan mengakhiri penyelaman. Kompas elektronik tiga sumbu bisa diaktifkan setelah mengatur posisi sasaran sehingga menunjukkan arah perjalanan. Fitur ini memudahkan penyelam mengikuti jalur.

Data penyelaman yang dapat disimpan di smartwatch sampai 200 data. Penyelaman pun bisa diunggah, dibagikan dan diulas di aplikasi Garmin Dive. Smartwatch juga bisa digunakan untuk menyari situs menyelam di situs seluruh dunia.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition

Semua jenis kegiatan menyelam didukung mode yang bisa dipilih, termasuk penyelaman rekreasi, tingkat lanjutan, teknis, bebas dan penangkapan ikan. Pilihan mode ini mencakup Free Dive, Free Dive Hunt, Single-Gas, Multi-Gas, Gauge dan CCR. Rating 10 ATM memungkinkan smartwatch diajak menyelam sampai kedalaman 100 meter selama 30-40 menit.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Garmin fēnix 6 dan 6S Pro Solar

Keselamatan saat menyelam juga terjamin dengan adanya pengaturan nada atau peringatan getar pada berbagai variabel. Beberapa variabel tersebut mencakup kedalaman, waktu menyelam, kecepatan naik ke permukaan dan penyelesaian dekompresi atau safety stop.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition

Berbagai aplikasi olahraga bawaan dan fitur pelatihan lanjutan dapat mendukung pelacakan kegiatan. Fitur-fitur yang tersedia mencakup VO2 Max sehingga dapat mengetahui informasi tubuh dalam beradaptasi dengan latihan. Wawasan mengenai kesehatan dan kebugaran dapat diperoleh melalui berbagai fitur, sehingga dapat memahami waktu untuk memicu kegiatan dan beristirahat. Beberapa fitur tersebut mencakup pendeteksian detak jantung berbasis pergelangan tangan 24/7, Pulse Ox, Body Battery, Sleep Score dan lain-lain.

Harga dan Ketersediaan

Pre-order Descent G1 Solar – Ocean Edition dibuka sampai 20 Desember 2023 dengan harga Rp10.799.000. Pemesanan selama masa pre-order tersedia Dry Bag Special Edition Garmin dan bisa memenangkna undian Freediving Certification Level 1. Lokasi pre-order antara lain di Garmin Brand Store Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta dan Garmin Brand Store Teuku Umar, Bali. Pemenang undian akan diumumkan Garmin pada Januari 2024.

Perbandingan Spesifikasi Descen G1 Solar - Ocean Edition 

Share:

Artikel Terkini