Huawei Cloud Dukung Telkomsel Bangun Platform FMC Big Data Huawei Cloud Dukung Telkomsel Bangun Platform FMC Big Data ~ Teknogav.com

Huawei Cloud Dukung Telkomsel Bangun Platform FMC Big Data

Teknogav.com – Telkomsel menghadirkan inisiatif baru dari Fix-Mobile Convergence (FMC) untuk menyajikan layanan komunikasi dan jaringan bagi pelanggan Indonesia. Demi memudahkan penerapan FMC tersebut, Telkomsel bekerja sama dengan Huawei Cloud yang menyediakan teknologi Enterprise Intelligence yang inovatif. Teknologi tersebut memprioritaskan kinerja tinggi, reliabilitas dan cost-effective yang sangat memudahkan penerapan FMC. Kolaborasi Huawei Cloud dengan Telkomsel mendukung roadmap Telkomsel sebaga penyedia layanan konvergensi dengan mengadopsi strategi multi-cloud.

“Proyek FMC merupakan tonggak pencapaian bagi Telkomsel dan Huawei untuk mendukung transformasi cloud pelanggan. Telkomsel merupakan operator telekomunikasi terdepan di Indonesia yang menggunakan teknologi terkini untuk menyajikan pengalaman terbaik. Upaya ini salah satunya dilakukan dengan bekerja sama dengan Huawei di bidang cloud. Kami akan membantu Telkomsel dalam mendukung transformasi digital Indonesia. Terima kasih Telkomsel, mari bekerja bersama untuk menghubungkan Indonesia dengan lebih baik,” ucap Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia.

Baca juga: Telkomsel dan Huawei Demonstrasikan Penerapan Teknologi 5G di Berbagai Industri

Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia


Penerapan Huawei Cloud big data solution, memungkinkan Telkomsel mengembangkan tata kelola data dan AI secara efisien dari hulu ke hilir. Teknologi Lakehouse dan arsitektur ‘storage and compute decoupling’ mendukung solusi Huawei Cloud big data sehingga menghemat biaya operasional secara signifikan. Hal ini dilakukan sambil tetap mempertahankan kinerja dan reliablitas yang tinggi.

“Huawei telah menjadi mitra Telkomsel sejak lama, terutama dalam hal jaringan. Di masa mendatang, kita memiliki data dan banyak kustomisasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan layanan. Ada banyak cakupan yang bisa digarap, banyak data untuk bisa dieksplorasi. Kami menantikan kerja sama yang lebih erat dengan Huawei,” ucap Bharat Alva, Direktur IT Telkomsel.

Bharat Alva, Direktur IT Telkomsel.

Teknologi big data Huawei  mendukung Telkomsel dalam mendapatkan wawasan lebih mendalam pada permintaan dan ketertarikan pelanggan secara real-time. Kemampuan ini bisa membantu tim layanan pelanggan untuk merancang program yang tetap efisien sehingga dapat menyajikan pengalaman pelanggan lebih baik. 

Baca juga: Huawei dan Telkomsel Garap Proyek Superior City demi Optimalkan Konektivitas

“Kami berhasil menghadirkan platform big data cloud. Huawei Cloud adalah layanan yang termasuk infrastrucure-as-a-service (IaaS) dan juga expertise-as-a-service. Tahun 2024 nanti, kami juga akan membuka region baru,” ucap James Tan, Vice President APAC Solution Sales Huawei Cloud.

James Tan, Vice President APAC Solution Sales Huawei Cloud

Selain itu, teknologi AI terkini juga akan diusung Telkomsel bersama Huawei Cloud untuk mempercepat digitalisasi. Solusi yang andal, inovatif dan mendukung pengembangan ekosistem lokal akan dihadirkan melalui skenario berbasis AI, full-stack. Kehadiran solusi ini mendukung masyarakat untuk bisa memanfaatkan teknologi AI dari segala lokasi.

“Telkomsel konsisten untuk terus mendukung kemajuan teknologi demi menyajikan pengalaman yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi terkini dengan pendekatan multi-cloud. Kami terkesan melihat solusi-solusi yang ditawarkan Huawei Cloud kepada kami. Kami sangat antusias untuk melihat apa yang bisa dicapai melalui kolaborasi ini,” pungkas Bharat Alva.

Tina Lusiana, Vice President of IT Business Intelligence and Analytics Telkomsel mengungkapkan terima kasih atas kolaborasi Huawei dan Telkomsel. Menurutnya, big data terkait dengan volume, lebih banyak volume berarti lebih banya uang untuk dibelanjakan. Hal ini membutuhkan teknologi yang lebih efisien dalam hal skalabilitas dan fleksibilitas. Ada banyak peluang yang bisa dieksplorasi sesuai kebutuhan.

Tina Lusiana, Vice President of IT Business Intelligence and Analytics Telkomsel



“Saya yakin teknologi Huawei dapat membantu kami menyajikan layanan yang berjalan baik. Kami selalu dituntut agar dapat menyajikan layanan secara real-timi. Seiring tingginya ekspektasi ini, kami berharap kepakaran cloud Huawdi dapat memberikan manfaat cloud,” ucap Tina.

Pendekatan multi-cloud telah dilakukan Telkomsel melalui kemitraan dengan beberapa penyedia layanan cloud sesuai tujuan bisnis. Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan cloud tersebut:

  • Amazon Web Service (AWS) digunakan untuk menghadirkan aplikasi pelayanan pelanggan seperti MyTelkomsel, Dunia Games, DigiPOS, Orbit, Veronica dan lain-lain
  • Microsoft digunakan untuk memenuhi kebutuhan produktivitas karyawan dan platform perusahaan yang mencakup Office365, Dekstop-as-a-Service, Open AI dan Power Automate
  • Google Cloud yang digunakan untuk domain baru dan fungsi-fungsi khusus yang tidak tersedia di penyedia lain. Contohnya adalah Google Analytics, kuncie, fita,, Dialogflow dan vertex.ai
  • Huawei Cloud digunakan untuk menyiapkan dan mengeksplorasi beban kerja baru yang membutuhkan infrastruktur umum. Penerapannya dilakukan pada proyek FMC. Perancangan dan penerapan proyek FMC ini hanya membutuhkan waktu delapan minggu saja. Tim Telkomsel bersama dengan tim Huawei melakukan konfigurasi dan integrasi VPN dan Direct Connect.

Tahap pertama yang dilakukan Huawei Cloud dalam perjalanan FMC Data Platform adalah menyediakan landing zone. Langkah ini dilakukan untuk membantu membangun lingkungan cloud yang aman dan fleksibel bagi Telkomsel. Berikut ini adalah manfaat-manfaat bisnis dari FMC Data Platform:

  • Struktur organisasi perusahaan yang lebih fleksibel dengan beberapa departemen, organisasi dan akun
  • Pengelolaan biaya karena biaya berdasarkan departemen dan proyek, selain itu juga ada analisis anggaran dan optimasi biaya
  • Pengelolaan sumber daya yang tergabung untuk menjamin keberlanjutan layanan dan menghindari sumber daya menganggur yang sia-sia
  • Pengendalian izin yang terbung untuk menghindari risiko izin yang belebih dan menjamin keamanan layanan

Baca juga: Telkomsel dan Huawei Berkolaborasi Hadirkan Supreme Networks dan Teknologi Terkini 

Huawei memiliki tekad untuk berinvestasi di teknologi cloud untuk mencapai visi Unleash Digital with Everything-as-a-Service. Tujuan Huawei Cloud di Indonesia adalah untuk menjadi landasan yang bisa dipercaya bagi para perusahaan untuk melakukan transformasi digital. Teknologi inovatif dan layanan premium dihadirkan Huawei bagi pelanggan di Indonesia melalui dukungan data center lokal dan tim lokal. Huawei yakin dapat memberikan nilai lebih bagi Telkomsel melalui produk dan teknologinya.

“Kami berharap dapat menyajikan pelayanan yang bisa diandalkan, aman dan berkepanjangan bagi para pelanggan, mitra dan pengembang kami. Semua layanan tersebut diterapkan di atas cloud,” ucap Zeng Xingyun, President of Huawei Cloud APAC.

Share:

Artikel Terkini