JICO dan ORB Tingkatkan Sensasi Menikmati Alunan Musik Vinyl JICO dan ORB Tingkatkan Sensasi Menikmati Alunan Musik Vinyl ~ Teknogav.com

JICO dan ORB Tingkatkan Sensasi Menikmati Alunan Musik Vinyl

Teknogav.com – Pada perhelatan IHEAC Audio Show 2023 yang digelar 9-12 November 2023, salah satu brand yang menarik perhatian adalah Vermouth Audio. Bertempat di ruang 1411, Fairmont Hotel Jakarta, pengunjung disuguhi audio kelas atas yang didemokan perangkat Vermouth Audio. Namun, ruangan tersebut tak hanya diisi oleh Vermouth Audio, ada beberapa brand audio high end lain yang dipamerkan. Dua di antaranya adalah JICO dan ORB, brand audio asal Jepang yang dipasarkan Audio Nirvana di Indonesia.

Audio Nirvana sendiri merupakan proyek kurasi peralatan audio yang diinisiasi oleh Chris Bunjamin. Proyek tersebut tercetus dari kecintaan Chis terhadap audio analog. Misi dari Audio Nirvana adalah memandu seseorang dalam perjalanan ke dalam audio high end sesuai pilihan orang tersebut. Audio Nirvana berusaha memastikan adanya sinergi antara komponen-komponen audio high end yang digunakan dengan anggaran tertentu.

Chris Bunjamin, pendiri Audio Nirvana dengan produk-produk JICO dan ORB di IHEAC Audio Show 2023

Produk-produk JICO dan ORB yang dihadirkan Audio Nirvana pada IHEAC Audio Show 2023 ditujukan bagi penikmat audio analog. Saat ini, penggunaan turntable untuk memutar vinyl atau piringan hitam memang kembali menjadi tren. Selain itu, vinyl pun masih digunakan Disk Jokey (DJ) dalam aksi musik mereka. Perangkat untuk memutar vinyl tentunya harus berada dalam kondisi prima untuk menghasilkan audio terbaik, demikian juga dengan vinyl yang digunakan. Bentuk jarum pada turntable dapat menghasilkan perbedaan kualitas pemutaran vinyl yang signifikan. Jadi penting untuk memilih jarum atau stylus ini dengan cermat.

Baca juga: Vermouth Audio Pukau Pengunjung IHEAC dengan 12th Year Anniversary Loudspeaker

Jarum Turntable JICO

JICO merupakan perusahaan jarum yang didirikan pada tahun 1873. Perusahaan ini menyediakan jarum jahit untuk perusahaan pakaian Jepang di Kyoto. Pada tahun 1949, JICO mulai memproduksi jarum baja untuk gramafon dengan memadukan teknologi produksi jarum jahit dengan produksi jarum fonograf. Di era tersebut, JICO telah mengekspor jarum ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Sejak gramafon digantikan oleh pemutar rekaman stereo pada tahun 1966, JICO terus maju memproduksi jarum fonograf.

serangkaian produk JICO

Serangkaian produk JICO  yang dihadirkan pada IHEAC Audio Show 2023 ditawarkan dengan harga beragam, mulai dari Rp1,8 juta sampai Rp65,5 juta. Beberapa produk JICO ini mencakup seri Seto-Hori Remodel, SAS/B, SAS/S. SAS/R, Nude, Omnia, Nude, Impact, Morita dan lain-lain. Tentu saja masing-masing jarum ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Misalnya seri Morita yang cocok untuk mendengarkan musik Jazz, sementara model lain cocok untuk digunakan DJ dan lain-lain.

Baca juga: Sony dan Cambridge Perkenalkan Turntable dengan Bluetooth 

SETO-HORI REMODEL merupakan kartrid SETO-HORI original yang menekankan pada integrasi kartrid dengan headshell demi menghasilkan suara yang akurat dan presisi.  Pusat gravitasi headshell dan kartrid, yang dibuat dari bahan aluminium dan paduan tembaga, ditempatkan langsung pada garis tengah tonearm agar dapat melacak rekaman dengan kepekaan maksimum. Bodi yang terintegrasi tanpa sekrup pun memungkinkan tingkat resonansi kasar yang lebih rendah. Harga yang dibanderol pada jarum besutan JICO ini adalah Rp65,5 juta.

Perangkat Perawatan Vinyl dari ORB

Saat ingin mendengarkan audio yang berkualitas dari piringan hitam, tentu saja harus mempertimbangkan kondisi piringan hitam itu sendiri. Nah, agar tak mendem atau mengalami penurunan kualitas, maka piringan hitam pun perlu dirawat. ORB menyediakan beberapa peralatan yang mendukung perawatan piringan hitam agar kualias suaranya senantiasa terjaga. 

ORB Audio Japan DF-01iA+

Salah satu produk ORB yang dihadirkan Audio Nirvana adalah ORB Audio Japan DF-01iA+ yaitu Disk Flattener. Alat ini berfungsi meratakan piringan hitam yang melengkung dan mengembalikan ke kondisi aslinya hanya dalam beberapa jam. Proses perataan dilakukan dengan fungsi penyesuaian suhu pemanasan otomatis. Alat ini juga memiiki adaptor untuk piringan hitam yang tidak memilki pelindung alur seperti piringan hitam datar yang bobotnya lebih dari 180 gram. Harga yang dibanderol pada perangkat ini adalah Rp25 juta.

 Klik untuk membeli ORB Audio Japan DF-01iA+ di Tokopedia

 

ORB Audio Japan SAKURA SN-03 Negative Ionizer

Selain itu, ada juga ORB Audio Japan SAKURA SN-03 Negative Ionizer yang membangkitkan angin ion seimbang melalui tengan tinggi. Proses ini menyingkirkan muatan listrik yang dapat mengganggu saat mendengarkan atau memutar musik. Teknologi Direct Injection Platorm (DIP) pada alat ini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Daya tinggi pada alat ini juga meningkatkan efek suara secara luar biasa, sehingga cocok digunakan para penggemar musik. Alat ini bisa digunakan pada piringan hitam, CD, DVD dan piringan Blueray. Selain itu, bisa juga dipakai pada headphone, amplifires, catu daya dan instrumen musik seperti gitar, keyboard dan peralatan DJ. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp3,99 juta.

 Klik untuk membeli ORB Audio Japan SAKURA SN-03 Negative Ionizer di Tokopedia

Baca juga: Audio Technica AT-LP120X Sandang Gelar Turntable Terbaik

Nah, bagi penikmat musik analog yang tak berkunjung ke IHEAC Audio Show tetap bisa kok berkonsultasi dengan Audio Nirvana melalui akun Instagram resmi Audio Nirvana. Chris juga bisa ditemui di Chris Bunjamin Studio yang berada di bilangan Menteng.

Share:

Artikel Terkini