Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM Dukung Keindahan Fotografi Landscape Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM Dukung Keindahan Fotografi Landscape ~ Teknogav.com

Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM Dukung Keindahan Fotografi Landscape


Teknogav.com – Canon RF10-20mm f/4L IS STM merupakan lensa zoom ultra-wide yang dibekali Optical Image Stabilizer. Lensa ini mendukung hasil gambar yang indah saat memotret landscape dengan kamera digital. Desain lensa ini ringkas dan berbobot ringan, sehingga nyaman ketika mengoperasikan kamera dengan gimbal atau hanya secara handheld. Fleksibilitas tinggi yang dibutuhkan saat mengabadikan gambar hiking atau diving bisa dipenuhi lensa ini dengan hasil gambar sinematik. Lensa ini dihadirkan di Indonesia oleh PT Datascrip, sebagai distributor tunggal produk pencitraan Canon di Indonesia. 

Penggunaan lensa ini cocok untuk berbagai macam genre fotografi, termasuk arsitektur astrophotografi, interior dan pembuatan video. Focal length lensa ini sangat lebar, yaitu 10 mm. Perbedaan yang dihasilkan setiap 1 mm makin besar seiring makin panjang fokus yang digunakan. Ketika menggunakan focal length 10 mm, cakupan area hampir dua kali lipat dari 14 mm dan 1,4x di 12 mm. Luasnya cakupan ini sangat membantu ketika memotret subjek besar di ruang sempit.

Baca juga: Lensa Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye Mudahkan Pembuatan Konten VR

lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM


“Canon memahami kebutuhan para fotografer dan videografer akan rentang fokus yang berbeda-beda. RF10-20mm f/4L IS STM hadir melengkapi jajaran lensa zoom Canon yang ringkas. Gambar yang dihasilkan lensa ini unik dan lebih luas di berbagai kondisi ruangan,” ucap Monica Aryasetiawan. Canon Business Unit Director PT Datascrip.

lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM

Objek di dekat lensa bisa terlihat lebih besar dan mengesankan berkat efek perspektif unik lensa yang dapat memperbesar jarak. Ruang dan pemandangan yang luas pun bisa tampak lebih luas. Pemandangan juga bisa dibingkai lebih padat berkat kemampuan zoom pada lensa. Ketika dipadukan dengan kamera APS-C Canon seri EOS R, lensa tersebut menjadi lensa ultra-wide dengan focal length 16 mm sampai 32 mm.

Baca juga: Canon RF 135mm f/1.8L IS USM Lensa Telefoto Medium Terkini

RF10-20mm f/4L IS STM adalah lensa zoom ultra-wide pertama Canon dengan panjang fokus di bawah 13mm yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (Optical IS). Fitur ini mendukung pengambilan eksposur panjang dengan tangan sampai stabilisasi gambar 5 stop (6 stop melalui kontrol IS terkoordinasi dengan kamera yang kompatibel, seperti kamera seri EOS R). Satabilisasi gambar selama perekaman video juga dicapai Movie Digital IS yang berkerja sama dengan Optical IS tersebut. Sinergi fitur tersebut menjamin kemulusan rekaman handheld, bahkan ketika perekaman sambil berjalan atau lari.

lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM

Fitur Peripheral Coordinated Control baru pada lensa, efektif mengompensasi peripheral blurring yang kerap terjadi pada lensa ultra-wide. Konfigurasi lensa yang dioptimalkan mendukung kerja fitur tersebut. Pengendalian distorsi dan berasi kromatik di seluruh area zoom juga dilakukan dengan pengoreksian peripheral blurring dalam kamera. Proses ini menghasilkan gambar yang berkualitas, bahkan dapat bersaing dengan lensa terdahulunya, EF11-24mm f/4L STM. Lensa tersebut dikenal sebagai lensa zoom ultra-wide terbaik di kelasnya.

lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM

Lensa RF10 20mm f/4L STM dirancang untuk mengoptimalkan kinerja Auto Focus (AF) yang cepat saat memotret. Pengoptpimalan tersebut didukung AF drive dengan akurasi tinggi, mulus dan hening ketika merekam video. Sensor posisi lensa baru yang digunakan pada lensa Nano USM juga diadopsi pada lensa tersebut. Waktu startup kamera bisa lebih cepat berkat sensor posisi tersebut, sehingga pemotretan bisa langsung dilakukan sejak kamera dinyalakan.

Baca juga: Canon Luncurkan Dua Seri Lensa Super Telefoto Premium Terkini

Desain lensa RF10-20mm f/4L IS STM kokoh, tahan debu dan tetesan air berkat lapisan fluoring, layaknya lensa Canon seri-L lain. Tombol fungsi baru bisa tersemat di atas cincin kontrol lensa RF untuk pengendalian pencahayaan. Berbagai fungsi dapat diakses dengan ibu jari secara nyaman menggunakan tombol fungsi baru tersebut. Dudukan filter gelatin belakang pada lensa dapat digunakan untuk menjelajahi ekspresi yang lebih kreatif dengan penggunaan filter yang berbeda-beda. Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM ini dibanderol PT Datascrip dengan harga Rp51.999.000.

Share:

Artikel Terkini