Review Huawei Watch GT 4, Smartwatch Profesional Ramah Lingkungan Review Huawei Watch GT 4, Smartwatch Profesional Ramah Lingkungan ~ Teknogav.com

Review Huawei Watch GT 4, Smartwatch Profesional Ramah Lingkungan


Teknogav.com
– Huawei resmi memasarkan smartwatch Huawei Watch GT 4 di Indonesia pada Oktober 2023. Smartwatch ini hadir dalam dua ukuran layar, yaitu 46 mm dan 41 mm. Review kali ini menggunakan Huawei Watch GT 4 berukuran 46 dengan tali strap hijau yang ramah lingkungan. Keunikan dari strap ini adalah penggunaan bahan nilon hasil daur ulang sampah di lautan. Pada bagian dalam bezel menggunakan warna hijau dan putih yang membedakan siang dan malam di zona waktu kedua.

Desain

Tampilan Huawei Watch GT 5 ini mengesankan dengan tampilan layar AMOLED yang jelas. Warna yang ditampilkan mencolok dan menu dapat terlihat jelas dengan refresh rate yang mulus. Suara yang dihasilkan speaker pun cukup lantang, saat memberi notifikasi. 

Pengaturan Huawei Watch GT 4 dapat dilakukan melalui aplikasi Huawei Health yang bisa diunduh melalui situs atau QR code yang disediakan. Pemilihan Watch face dapat dilakukan langsung dari smartwatch atau aplikasi Huawei Health. Aplikasi Huawei Health menyajikan seuruh data kesehatan dengan rinci dan informasi menyeluruh lain. Selain itu, tersedia juga saran untuk latihan dan tidur. Contoh saran adalah mengurangi kopi di waktu malam sebelum tidur bagi yang tidurnya tidak pulas.

Baca juga: Ini Spesifikasi HUAWEI WATCH GT 4 dan HUAWEI WATCH Ultimate  

Smartwatch ini dapat digunakan untuk menerima WhatsApp dan notifikasi email, tetapi tidak dapat meresponnya. Peta yang tersedia tentu saja Petal Maps buatan Huawei. Daya baterai pada Huawei Watch GT 4 cukup bisa bertahan lama, sekitar 15 hari. Sayangnya, berbagai update aplikasi pada smartwatch ini masih bergantung pada penggunaan aplikasi Huawei Health.

Platform yang digunakan pada Huawei Watch GT 4 adalah HarmonyOS 4.0 yang mendukung untuk terkoneksi mulus dengan perangkat Android dan iOS. Personalisasi tampilian mudah dilakukan melalui Huawei Health, berbagai widget juga bisa diganti sesuai selera, sepeti menambah informasi cuaca atau pengukuran detak jantung.

Fitur Kebugaran

Pengukuran-pengukuran kebugaran pada smartwatch dapat berfungsi dengan baik. Pelacakan kualitas tidur dengan fitur TruSleep menyajikan hasil yang akurat. Pengukuran yang dapat dilihat dari aplikasi Huawei Health juga cukup rinci. Algoritma TruSeen 5.5+ menawarkan pelacakan detak jantung yang diperluas ke pelacakan latihan juga. Berbagai profil latihan tersedia di smartwatch ini, baik untuk outdoor maupun indoor, mulai dari bersepeda sampai berenang. Fitur Running Ability pada smartwatch ini dapat menginformasikan pengguna bisa berlari berapa persen lebih baik dibandingkan pengguna lain dengan usia, gender, tinggi dan bobot yang sama.

Huawei Watch GT 4

Profil latihan dapat berinteraksi dengan aplikasi Huawei Health dengan baik. Tersedia juga fitur-fitur bonus seperti rencana untuk melatih demi mencapai tujuan tertentu yang dibantu oleh AI. Sensor TruSeen 5.5+ dan TruSleep menawarkan pemantauan fetak jantung dan fungsi ECG. Sensor suhu, pengukuran oksigen dalam daran dan pengukuran tingkat stres juga turut ambil bagian dalam fitur-fitur kesehatan yang tersedia.

Baca juga: Review Garmin Venu Sq 2, Smartwatch Mungil Berfitur Lengkap

Algoritma TruSleep pada smartwatch ini digunakan nuntuk memantau tidur. Ada empat tahap tidur yang bisa dikenali, yaitu bangun, ringan, dalam dan REM. Kualitas tidur dapat dinilain fitur ini beserta dengan saran untuk meningkatkan kualitas tersebut. Selain itu, tersedia juga algoritma TruOxygen untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dengan cara menempelkan jari di sendor. Jika kadar oksigen terlalu rendah, maka akan ada peringatan.

Fitur Khusus Wanita

Huawei Watch GT 4 memiliki fitur khusus untuk wanita, yaitu Cycle Calendar. Fitur ini dapat ditambahkan dari aplikasi Huawei Health, yaitu dari menu Health, kemudian tekan Edit dan tambahkan Cycle Calendar sampai tampil di halaman utama. Setelah itu menu Cycle Calendar akan otomatis tampil di smartwatch. Kendati demikian perlu untuk menentukan pengaturan terlebih dahulu di aplikasi Huawei Health.

Huawei Watch GT 4

Masukkan tanggal pertama haid terakhir, lama menstruasi dan sikluas menstruasi. Cycle Calendar akan bisa melacak jadwal menstruasi dan membuat prediksi yang lebih akurat. Selain itu, bisa juga meminta reminder notifikasi hari pertama haid, akhir haid, prediksi awal dan akhir masa subur. Tentukan juga kegiatan seksual dan gejala fisik, suasana hati dan informasi tambahan lain. Beberapa informasi lain mencakup kertas uji ovulasi, bobot, banyaknya air yang diminum dan suhu tubuh.

Pada smartwatch, tampilan Cycle Caledar berupa kalender dengan bulatan merah tanda masa haid, dan bulatan biru memperlihatkan masa subur. Jika digeser ke bawah, akan tampil informasi jendela kesuburan dan prediksi masa haid berikutnya.

Baca juga: Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition, Smartwatch Selam Ramah Lingkungan

Daya tahan Baterai

Daya pada baterai memiliki kinerja sesuai harapan. Selama lima hari, setiap harinya penurunan daya sekitar 7% atau 8%. Berkurangnya daya ini juga bergantung pada penggunaan GPS. Daya pada baterai smartwatch ini dapat bertahan sesuai klaim, yaitu sampai 14 hari. Jika melakukan latihan yang didukung GPS, maka daya baterai dapat bertahan sampai sekitar 10 hari.

Ketika digunakan dengan pemakaian biasa, smartwatch dapat bertahan sekitar delapan hari. Sementara itu jika mengaktifkan Always On Display, maka masa pakai baterai dapat bertahan 4 hari. Jika dibandingkan dengan Huawei Watch GT 4 ukuran 41 mm, maka ketahanan daya baterai smartwatch yang ukuran 46 mm bisa bertahan dua kali lebih lama. Pada varian ukuran 41 mm, masa pakai baterai maksimum hanya 7 hari, masa pakai baterai reguler 4 hari dan hanya 2 hari dengan mengaktifkan Always On Display.

Kelebihan

  • Desain yang keren
  • detak jantung dan GPS akurat
  • Pemantauan tidur
  • Layar lapang
  • Masa pakai baterai awet

Kekurangan

  • AppGallery store masih kurang
  • Pengoperasian agak membingungkan

Harga dan Ketersediaan

Huawei Watch GT4 dibanderol dengan harga Rp3.599.000, tetapi saat ini ada promo flash sale sehingga bisa diperoleh dengan harga Rp2 jutaan saja. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Huawei Watch GT 4 di Blibli
Klik untuk membeli Huawei Watch GT 4 di Tokopedia

Spesifikasi Huawei Watch GT 4

Layar

AMOLED dengan layar sentuh
1.43”, resolusi 466 x 466 piksel, PPI 326

Dimensi dan bobot

46 x 46 x 10,9 mm, 48 gram

Material

Case: Stainless Steel
Strap:

Black Fluoroelastomer Strap

Grey Stainless Steel Strap

Green Composite Strap

Brown Leather Strap

Ketahanan daya

baterai

Maksimum: sampai 14 hari
Reguler: sampai 8 hari
Always On: sampai 4 hari

IP

5ATM

Sensor

Accelerometer sensor

Gyroscope sensor

Magnetometer sensor

Optical heart rate sensor

Barometer sensor

Temperature sensor

Konektivitas

Bluetooth 2.4 GHz, supports BT5.2 and BR + BLE
NFC
Wi-Fi

Media Penyimpanan

 

Kompatibilitas OS

Android 8 atau lebih baru dan iOS 13 atau lebih baru

Fitur-fitur

Personal trainer

Manajemen kalori

Manajemen kesehatan aktif

Teknologi Truseen 5.5+

Always On Display

Pemantauan detak jantung

Analisis denyut nadi tidak normal

Pelacakan rute

Siklus menstruasi dan kesuburan

Share:

Artikel Terkini