Canon Hadirkan 3 Lensa RF Terkini untuk Tiap Genre Fotografi Canon Hadirkan 3 Lensa RF Terkini untuk Tiap Genre Fotografi ~ Teknogav.com

Canon Hadirkan 3 Lensa RF Terkini untuk Tiap Genre Fotografi

Teknogav.com – Ada berbagai genre dalam dunia fotografi dan videografi, antara lain olahraga, alam liar, potret, lanskap, pernikahan, fesyen, makanan dan lain-lain. Demi menghasilkan gambar yang optimal, setiap genre tersebut membutuhkan lensa andalannya masing-masing. Canon memahami kebutuhan tersebut, dan menghadirkan tiga lensa RF terkini melalui PT Datascrip, distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia. Ketiga lensa tersebut adalah RF24-105 f/2.8L IS USM Z, RF200-800mm f/6.3-9 IS USM dan RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM.

“Canon memahami kebutuhan para fotografer dan videografer yang membutuhkan lensa dengan berbagai pilihan focal length. Harapannya, kehadiran tiga lensa dengan mounting RF ini mampu memberikan keleluasaan bagi para fotografer dan videografer untuk memilih lensa sesuai kebutuhannya dalam mengambil gambar tanpa hambatan,” ucap Iqbal Rifqi Prayoga, Marketing Executive PT Datascrip. 

Ketiga lensa RF terkini Canon memiliki keandalannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut ini adalah fitur-fitur dan keandalan dari setiap lensa tersebut.

RF24-105 f/2.8L IS USM Z

Lensa RF24-105mm f/2.8 L IS USM Z memiliki optik yang berkualitas, maksimum bukaan lensa yang besar dan rentang fokus lebar. Maksimal bukaan lensa atau aperture pada lensa ini adalah f/2.8 pada seluruh rentang fokus 24-105 mm. Gambar yang dihasilkan berkualitas untuk mendukung fotografi resolusi tinggi dan video dengan resolusi sampai 8K. Pengaturan komposisi dan eksposur pada berbagai subjek lebih fleksibel, terutama ketika memotret di kondisi pencahayaan kurang atau membuat efek bokeh.



Kebutuhan menghasilkan video profesional pun dipenuhi dengan fitur desain baru, salah satunya cincin iris pertama pada jajaran lensa RF. Biasanya, cincin iris ini dihadirkan pada lensa sinema Canon. Pengendalian bukaan lensa bisa dilakukan fitur ini secara hening dan intuitif dengan torsi halus. Kemampuan fitur tersebut cocok untuk menyesuaikan eksposur dan efek bokeh selama perekaman video.

Baca juga: Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM Dukung Keindahan Fotografi Landscape

Pengendalian optik, mekanis dan elektrik pada lensa ini dioptimalkan, termasuk penerapan Dual Nano USM yang bisa digerakkan secara individual. Pergerakan autofokus yang cenderung terjadi selama zoom juga bisa dikendalikan lebih baik dengan lensa ini. Hasilnya, autofokus lebih stabil dan konsisten saat melakukan zoom di perekaman video atau pengambilan gambar burst kecepatan tinggi.

Guncangan kamera dapat dikoreksi built-in image stabilizer (IS) Optik sampai 5,5 stop. Jika fitur ini digabungkan dengan bodi kamera yang memiliki in-Body IS, terjadi peningkatan kinerja sampai 8 stop. Tentu saja peningkatan kinerja tersebut dapat menghasilkan gambar yang tajam dan stabil, bahkan saat kecepatan shutter speed lambat. Berbagai kebutuhan foto dan video seperti potret, event, wedding, jurnalistik, sampai olahraga indoor dapat dipenuhi kemampuan dan fleksibilitas lensa ini.

Ketangguhan lensa juga diperkuat dengan struktur bodi yang tahan akan debu, cipratan air dan flourine coating pada elemen depan lensa. Struktur bodi lensa ini dapat mencegah goresan, debu menempel dan memudahkan pembersihan elemen dan lensa. Harga yang dibanderol pada lensa Canon RF24-105mm f/2.8L IS USM Z adalah Rp66.499.000.

RF200-800 f/6.3-9 IS USM

Lensa RF200-800mm f/6.3-9 IS USM merupakan lensa zoom super telefoto mounting RF pertama dari Canon dengan focal length sampai 800 mm yang portabel. Cakupan lensa bisa diperluas sampai 1.600 mm (2.560 mm pada kamera APS-C) jika menggunakan RF Extender 2x. Kemampuan tersebut cocok untuk genre olahraga, alam liar dan astrofotografi. Kendati memiliki rentang zoom luas, bobot lensa ini hanya 2 kg sehingga mendukung mobilitas jika perlu bergerak cepat. 
 
Built-in IS sampai 5,5 stop lensa ini efektif meredam guncangan kamera yang kerap terjadi ketika digunakan pada rentang fokus panjang. Fitur ini dapat menghasilkan gambar tajam dan stabil sampai 1/20 detik, bahkan ketika dipakai pada rentang fokus terpanjang 800 mm.  
 
Lensa ini dirancang khusus untuk menangkap aksi berkecepatan tinggi. Pemfokusan yang cepat dan akurat untuk gambar diam didukung oleh Nano USM. Fitur tersebut juga dapat melakukan pemfokusan yang halus dan hening untuk video jika dipasang pada kamera yang kompatibel.
 


Pengoperasian lensa juga bisa dikendalikan dengan cepat dan intuitif. Pengendalian dapat dilakukan dengan cincin fokus/kontrol yang bisa disesuaikan. Selain itu, tersedia juga dua tombol fungsi lensa yang bisa diubah menjadi pintasan untuk mengatur fungsi AI atau kontrol eksposur. Kemampuan lensa ini cocok untuk diandalakn di berbagai jenis lapangan, termasuk lapangan dengan kondisi ekstrem. Bodi lensa juga telah dibekali desain dan kontruksi yang dust and weather resistant. Harga yang dibanderol pada Canon RF200-800 f/6.3-9 IS USM adalah Rp38.199.000.

 Baca juga: Canon Hadirkan Lensa Tele dan Lensa Fix Terkini  

 RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM

Lensa zoom ultra-wide RF-S10-18 mm f/4.5-6.3 IS STM  memiliki ukuran ringkas yang dirancang khusus untuk kamera APS-C EOS R. Desain lensa yang ringkas dan ringan dirancang agar sesuai dengan bodi kamera APS-C EOS R. Kendati lensa ini lebih kecil dibandingkan lensa EF-S dan EF-M dan berbobot ringan, rentang fokus lensa ini setara full-frame. Rentang fokus lensa 16 mm sampai 29 mm pada lensa ini cocok untuk cakupan ultra-wide demi merekam momen jalan-jalan, pemandangan alam, bahkan pengambilan gambar di ruang sempit. 

Hasil gambar yang dihasilkan lensa ini lebih tajam dan stabil dengan dukungan fitur built-in Optical Image Stabilizer (Optical IS). Fitur tersebut dapat meredam guncangan kamera hingga 4 stop, sehingga mengurangi kemungkinan gambar blur bahkan ketika menggunakan shutter speed yang lambat. Jika lensa ini dipasang pada kamera yang memiliki In-Body IS seperti EOS R7, maka Coordinated Control IS meningkatkan sampai 6 stop.
Kualitas gambar yang dihasilkan lensa RF-S10-18 mm f/4.5-6.3 IS STM melampaui hasil gambar lensa EF-S yang dimensinya lebih besar. Mounting RF yang lebih pendek mengoptimalkan kualitas gambar sambil mengurangi jumlah elemen, menjaga ghosting, aberasi kromatik, dan kualitas warna yang tetap terkendali.

Fitur STM tipe leadscrew menggerakkan autofokus pada lensa ini sehingga transisi fokus lebib mulus ketika merekam video. Selain itu, perubahan sudut pandang yang mengganggu akibat pergerakan fokus saat merekam video dapat dikoreksi fitur Focus Breathing Correction secara digital. Harga yang dibanderol pada lensa Canon RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM adalah Rp Rp7.439.000. 

Canon melalui PT Datascrip memberikan garansi seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System selama 2 tahun. Jika terdapat masalah, kamera bisa langsung dibawa ke service center yang ada di kota–kota besar di Indonesia. Layanan purna-jual tersebut tentunya memberikan nilai lebih bagi pelanggan sehingga makin aman dan nyaman dalam menggunakan produk-produk Canon.

Share:

Artikel Terkini