Sambut 2024, DANA Terus Kembangkan Inovasi Berorientasi Pengalaman Pengguna Sambut 2024, DANA Terus Kembangkan Inovasi Berorientasi Pengalaman Pengguna ~ Teknogav.com

Sambut 2024, DANA Terus Kembangkan Inovasi Berorientasi Pengalaman Pengguna

Teknogav.com – Kemudahan layanan dan keamanan transaksi merupakan fokus inovasi DANA demi menjadi dompet digital kepercayaan pengguna. DANA juga terus mendampingi UMKM dalam perjalanan go digital mereka. Inovasi terus dihadirkan DANA, baik untuk pengguna maupun  pelaku bisnis sesuai kebutuhan mereka. Berbagai upaya yang dlakukan DANA tersebut turut menunjang DANA dalam mencapai pertumbuhan positif pada tahun 2023. DANA optimis untuk terus mengembangkan dan memperkuat layanan keuangan digital di tahun 2024.

Tahun 2023 merupakan momentum bagi DANA untuk turut menunjang keberhasilan interkonektivitas sistem pembayaran antar-negara. DANA termasuk yang pertama dalam menghadirkan pembayaran dengan QR Cross border, terutama Thailand, Malaysia, dan Singapura.

DANA hadir di Indonesia sejak tahun 2018, dan terus melayani kebutuhan transaksi digital masyarakat sehari-hari. Pengembangan fitur-fitur DANA yang inovatif berpusat pada pengguna, sehingga inovasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Upaya ini dilakukan DANA sesuai komitmen untuk berperan sebagai jembatan menuju inklusi keuangan.

Pertumbuhan DANA selama Tahun 2023

Selama tahun 2023, jumlah pengguna DANA telah mencapai 170 juta, meningkat 23% dibandingkan tahun sebelumnya. Transaksi QRIS juga meningkat signifikan, yaitu sampai 272% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan juga terjadi pada transaksi Send Money yang mencapai 147% dibandingkan tahun 2022. Pertumbuhan positif tersebut menunjukkan tingginya tingkat adopsi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital oleh masyarakat. Tentunya hal tersebut juga menunjukkan kepercayaan pengguna terhadap dompet digital DANA.

Adri Awwal, VP Product of DANA Indonesia

“Angka-angka pencapaian DANA menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang kami hadirkan. Pencapaian tersebut juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang DANA tawarkan. Fitur-fitur yang dihadirkan DANA sangat berkesinambungan, baik bagi pengguna maupun pelaku bisnis. Pengguna bisa mengoptimalkan gaya hidup mereka dengan menggunakan DANA, pelaku bisnis pun bisa berpromosi. DANA berusaha menjembatani memenuhi kebutuhan mereka,” ucap Adri Awwal, VP Product of DANA Indonesia.

Baca juga: DANA Gandeng Pluang Hadirkan Fitur Investasi Emas

Pengalaman Pengguna Jadi Fokus DANA dalam Berinovasi

Inovasi dan layanan produk yang dikembangkan DANA fokus pada pengalaman pengguna. Hal ini dilakukan karena DANA berusaha menjadi dompet digital yang relevan bagi pengguna. Fokus pada pengembangan inovasi dan layanan produk tersebut sesuai peran DANA sebagai perusahaan teknologi yang mengutamakan Quality of Service (QoS). Upaya ini dilakukan untuk mendorong produktivitas pengguna, terutama dalam aspek gaya hidup finansial. 

Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia

“Dalam setiap pengembangan layanan keuangan digital DANA, kami selalu memulainya dengan mengamati kebutuhan pengguna saat ini. Oleh karena itu, DANA memiliki dua layanan finansial spesifik untuk asuransi dan investasi. DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi terus kami kembangkan demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna. Hasilnya, pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat. Dengan menghadirkan produk teknologi finansial yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, DANA dapat makin memperkuat posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat,” ucap Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia.

Baca juga: DANA Siaga Mudahkan Beli Asuransi dengan Premi Terjangkau

Contoh inovasi DANA dalam terus mengembangkan produk asuransi yang tak hanya sebatas DANA Siaga yang berdiri sendiri. DANA juga menawarkan asuransi yang mengiringi pembelian produk lain di DANA, dengan contoh terkini adalah asuransi berkuliner dan asuransi nonton. Pada asuransi berkuliner, DANA menawarkan biaya asuransi tambahan seharga Rp300 yang dapat melindungi pengguna dari efek samping makanan yang dibelinya. Jika terjadi suatu alergi atau keracunan makanan, maka biaya pengobatan dari efek samping tersebut dapat diklaim. 

Asuransi nonton pun ditawarkan saat pengguna membeli tiket nonton melalui Tix. Hanya dengan membayar biaya asuransi Rp2.000, jika batal nonton bisa mengklaim sampai Rp50 ribu. Sebelumnya, DANA juga telah menyediakan asuransi serupa untuk melindungi layar ponsel dan kompensasi keterlambatan transfer.

DANA juga merupakan dompet digital pertama yang ikut serta menerapkan QR Cross Border di tiga negara pada tahun 2023. Ketiga negara tersebut secara berturut-turut adalah Thailand, Malaysia dan Singapura. Penerapan QR Cross Border ini merupakan wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan. Upaya ini sesuai Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia. Kehadiran QR Cross Border tersebut juga menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN. Harapannya, inisiatif tersebut memudahkan masyarakat bertransaksi digital lintas negara dan mengakses berbagai layanan keuangan digital yang tersedia.

Dukungan DANA bagi Pelaku Bisnis

Inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai kalangan komunitas juga didukung DANA melalui berbagai program selama tahun 2023. Berbagai kalangan yang didukung DANA tersebut mencakup anak muda, perempuan, sampai penyandang disabilitas. Dukungan DANA bagi perempuan dilakukan melalui program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia. Program mentoring dan pendampingan SisBerdaya yang dihadirkan DANA membuka peluang bagi para wirausaha perempuan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Mega Indah Septian, Owner Demero F&B Pemenang Sisberdaya

“Saya bersyukur bisa berpartisipasi dan bergabung di dalam program Sisberdaya yang diinisiasi oleh DANA. Manfaat yang dirasakan pun begitu signifikan, bisnis rumahan saya, Demero, mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan fasilitas layanan digital yang dikembangkan oleh DANA. Mulai dari pencatatan keuangan, pengeluaran, hingga kemudahan transaksi QRIS melalui DANA Bisnis dapat saya manfaatkan sebaik mungkin untuk mendorong hasil positif bagi bisnis yang saya jalani,” ucap Mega Indah Septian, Owner Demero F&B Pemenang Sisberdaya.

Baca juga: Juara Program SisBerdaya DANA Indonesia Berbagi Kisah Sukses di Voyage Conference

Ivan mengatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan mencapai yang teratas di dunia. Hal ini mestinya dapat dimanfaatkan masyarakat Indonesia, sehingga perlu edukasi agar dapat terus mengoptimalkan bisnis.

“Harapannya, seluruh stakeholder dan semua dapat membantu untuk bisa lebih banyak lagi Sis Mega,” ucap Ivan.

Pengembangan pengalaman terbaik pengguna menjadi fokus DANA ke depannya demi memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. DANA juga akan terus memprioritaskan peningkatan sistem keamanan di aplikasi DANA.

 “Tingkat keamanan selalu menjadi prioritas DANA, menyadari bahwa tingkat keamanan aplikasi harus menjadi fokus kami sebagai penyedia layanan teknologi finansial. Kami akan terus berkomitmen untuk memastikan kerjasama antar pemangku kepentingan  tetap terjalin dengan baik demi upaya mewujudkan Indonesia cashless society,” pungkas Adri.

Share:

Artikel Terkini