Fitur-fitur Andal ROG Phone 8 Series Tak Hanya Fokus Gaming Fitur-fitur Andal ROG Phone 8 Series Tak Hanya Fokus Gaming ~ Teknogav.com

Fitur-fitur Andal ROG Phone 8 Series Tak Hanya Fokus Gaming

Teknogav.com – ROG Phone 8 Series merupakan smartphone gaming yang menawarkan pengalaman premium bagi berbagai kalangan gamer, streamer, pembuat konten dan lain-lain. Jajaran ROG Phone 8 Series hadir dengan desain lebih ramping, lebih ringan dan bezel lebih tipis. Fitur-fitur yang diusung smartphone ini juga lebih ramah untuk main game yang ditenagai AI dan praktis untuk penggunaan harian. Desain inovatif dan teknologi mutakhir ROG Phone 8 Series siap menyajikan pengalaman lebih.
Dimensi ROG Phone 8 Series lebih tipis sampai 15% dibandingkan generasi sebelunnya, serta mengusung desain yang memadukan estetika dan fungsionalitas. Smartphone ini ditenagai prosesor Mobile Platform Snapdragon® 8 Gen 3 yang kinerjanya didukung RAM LPDDR5X 8533 Mbps. Media penyimpanan pun mendukung kinerja dengan teknologi UFS 4.0. Ketangguhan ROG Phone 8 juga memenuhi standar IP68 yang menjamin tahan debu dan air.

Baca juga: ROG Phone 8 Series Tingkatkan Kinerja Gaming dan Kamera 

Kestabilan ROG Phone 8 Series saat digunakan main game terus menerus dijaga oleh sistem pendingin termal GameCool 8. Sistem ini menggunakan desain konduktor Rapid-Cooling yang dapat menghantarkan panas langsung dari prosesor ke penutup belakang. Selain itu, tersedia juga pendingin tambahan AeroActive Cooler X, yang dapat dipasang pada smartphone. Kini, aksesori pendingin tambahan tersebut berukuran 29% lebih kecil tetapi dengan efisiensi termal lebih tinggi 1,2 kali. Perangkat ini dapat mengurangi suhu penutup belakang sampai 26°C.

Layar AMOLED yang Terang

ROG Phone 8 Pro Series menggunakan panel AMOLED (Samsung E6) fleksibel berukuran 6,78" yang mengadopsi teknologi LTPO. Refresh rate pada layar tersebut adaptif yang dapat menyesuaikan otomatis dalam rentang 1-120 Hz sesuai kinerja untuk mengurangi konsumsi daya. Jika ingin merasakan main game lebih lancar, maka bisa memilih refresh rate sampai 165 Hz. Sementara itu, touch sample rate mencapai 720 Hz untuk respons instan. Kecerahan layar pun bisa ditingkatkan sampai 2500 nit sehingga melancarkan kegiatan main game dan nonton walau di bawah terik matahari. ASUS juga menggandeng perusahaan prosesor visual, Pixelworks® untuk membangun visual dengan warna yang akurat.

Kamera AI Profesional

Tak hanya main game, smartphone juga bisa dipakai mengeksplorasi fotografi dengan sistem kamera yang ditingkatkan. Sensor gambar Sony 50 MP digunakan pada kamera utama untuk menghasilkan gambar yang jelas. Foto jalanan yang dinamis juga bisa diabadikan dengan bantuan lensa wide-angle 24 mm. Mode potret dan fotografi makanan bisa memakai mode zoom 2x untuk mengubah lensa tersebut menjadi lensa prime serbaguna 50 mm.

Baca juga: Review ASUS ROG Phone 3, Makin Tangguh dengan Snapdragon 865+

Hasil rekaman video pun lebih halus dan foto yang stabil berkat Stabilizer Gimbal Hybrid 6-Axis 3.0. Fitur ini bisa digunakan dalam mode pemotretan standar dan mode potret, serta cocok untuk kondisi kurang cahaya. Hasil rekaman video yang stabil juga didukung perangkat keras OIS anti-goyang dan algoritma perangkat lunak EIS terkini. Perangkat keras ini memakai data giroskop untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis pada setiap bidang pandang akan menjamin video tetap stabil. Lensa telefoto 3X juga diusung ROG Phone 8 Series untuk pengambilan gambar objek yang jaraknya jauh.

OIS bawaan pada lensa dapat memberikan hasil yang jelas dan tajam walau pencahayaan rendah dengan Fotografi Malam. Setiap detail foto juga terlihat jelas dengan teknologi ASUS HyperClarity menggunakan file yang tidak diproses (RAW). Gambar juga bisa lebih jelas, bahkan saat di-zoom sampai 30 kali. Kamera telefoto juga menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan video yang stabil dengan zoom sampai 10 kali. 

Perpaduan lensa free-form dan algoritma terkini pada kamera ultrawide 13 MP dapat mengurangi distorsi pada lensa. Kamera tersebut dapat menghasilkan gambar berkualitas dan jernih, tetapi tetap alami. Beralih ke depan, terdapat kamera ultrawide 32 MP dengan bidang pandang (FoV) yang ditingkatkan dari 73° menjadi 90°. Peningkatan ini memungkinkan menangkap foto beramai-ramai dengan jangkauan lebih luas. Sensor RGBW pada lensa juga memastikan gambar bersih dengan noise lebih sedikit, walau dalam pencahayaan rendah.

Selain itu, hadir juga teknologi OZO Audio yang dapat menghilangkan suara angin sehingga rekaman di luar ruangan terdengar jelas. Teknologi ini juga bisa merekam audio spasial 3D Surround yang imersif dan berkualitas tinggi.

Fitur Berbasis AI

Pengalaman main game ditingkatkan oleh kehadiran empat fitur kecerdasan buatan (AI) yang cocok untuk gamer. Permainan dapat dipindahkan ke latar belakang dengan Mode Latar Belakang, momen utama juga bisa diabadikan dengan X Capture. Teknologi AI Pattern Recognition memungkinkan X Capture dan X Sense 2.0 mendukung lebih banyak game terkini. Teks dari permainan juga bisa ditangkap langsung dengan AI Grabber yang menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition. 

Baca juga: Smartphone Gaming ROG Phone 6 Series Sajikan Kinerja Buas

Pencarian sesuai semantik dalam menggunakan smartphone juga bisa menggunakan Semantic Search yang memanfaatkan bahasa alami dalam Galeri, Launcher dan Pengaturan. Teknologi Stable Diffusion juga bisa mendukung Wallpaper AI untuk membuat wallpaper yang mengesankan. Ketika melakukan panggilan telepon, video dan komunikasi dalam video juga bisa lebih jelas karena adanya pengurang kebisingan dua arah. Fitur untuk mengurangi kebisingan ini menggunakan teknologi yang juga berbasis AI.

AniMe Vision

ROG Phone 8 Series memiliki unsur-unsur yang bisa disesuaikan dengan unik untuk mengekspresikan persona dan kreativitas penggunanya. Unsur unik tersebut mencakup logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED AniMe Vision (ROG Phone 8 Pro). AniMe Vision merupakan layar dengan 341 unsur yang bisa menampilkan animasi yang sudah ditentukan atau dibuat pengguna. Selain itu bisa juga membuka animasi rahasia dengan menyentuh smartphone secara berhadapan dengan ROG Phone 9 Pro atau edisi Pro lain.

Harga dan Ketersediaan

ROG Phone 8 Series tersedia dalam dua varian, yaitu ROG Phone 8 dan ROG Phone 8 Pro. Konfigurasi memori varian ROG Phone 8 menggunakan RAM 12 GB dan media penyimpanan 256 GB. Serangkan, ROG Phone 8 Pro menggunakan RAM 16 GB dan media penyimpanan 512 GB. Selain itu, ada juga ROG Phone 8 Pro Edition dengan RAM 24 GB dan media penyimpanan 1 TB. ROG Phone 8 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu storm grey dan phantom black. Sementara ROG Phone 8 Pro tersedia dalam warna phantom black. Berikut ini adalah harga masing-masing varian:

  • ROG Phone 8 dibanderol dengan harga Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro dibanderol dengan harga Rp14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition dengan konfigurasi memori tertinggi dan AeroActive Cooler X dibanderol dengan harga Rp19.999.000

Program penjualan pertama berlangsung sampai 30 April 2024. Selama periode tersebut tersedia AeroActive Cooler X Limited Stock untuk pembelian setiap varian dengan syarat dan ketentuan berlaku. Khusus untuk ROG Phone 8, tersedia diskon Rp500 ribu, sehingga harganya menjadi Rp14.499.000. Promo yang tersedia berlaku di mitra penjualan resmi ASUS, baik offfline maupun online. Pembelian secara online dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Phone 8 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Phone 8 di Tokopedia

Klik untuk membeli ROG Phone 8 di Shopee

Spesifikasi ROG Phone 8 Series

Dimensi / Bobot

163.8 x 76.8 x 8.9 mm / 225 gram

Warna

ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Kamera Belakang

Utama: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μmActual output photo: 8 MP

Kamera Depan

32 MP RGBWpixel binning 1.4 μmActual output photo: 8 MP

Layar

6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits

Baterai dan pengisian daya

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging

Memori

12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB

Frekuensi

5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Lainnya

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, Wi-Fi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC

Share:

Artikel Terkini