Sendbird Business Messaging, Hemat Biaya Solusi Komunikasi Pelanggan dengan Omnichannel Sendbird Business Messaging, Hemat Biaya Solusi Komunikasi Pelanggan dengan Omnichannel ~ Teknogav.com

Sendbird Business Messaging, Hemat Biaya Solusi Komunikasi Pelanggan dengan Omnichannel

Teknogav.com – Sendbird adalah perusahaan penyedia application programming interface (API) yang digunakan aplikasi seluler populer. Solusi terkini Sendbird adalah Sendbird Business Messaging yang merupakan solusi messaging omnichannel untuk menyampaikan pesan penting melalui saluran paling relevan. Saluran komunikasi tersebut mencakup SMS, push notification, pesan WhatsApp dan in-app application. Setiap divisi internal perusahaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan solusi ini sehingga tak ada informasi yang terlewat.

Inovasi fitur pengurutan pada solusi ini menawarkan rekomendasi channel prioritas dengan biaya paling rendah dengan sangat efektif. Saluran alternatif hanya diaktifkan jika diperlukan, sehingga mengurangi biaya operasional. Pelanggan pun tak kewalahan dengan pesan yang masuk bertubi-tubi dari berbagai saluran. Setiap divisi di perusahaan pun dapat berkomunikasi dengan lebih efisien kepada pelanggan. 

Baca juga: Qiscus Padukan Omnichannel dan AI dalam Strategi Bisnis 

Berikut ini adalah fitur-fitur utama Sendbird Business Messaging:

  • Komunikasi omnichannel seluler:
    • In-app messaging
    • Push notification
    •  WhatsApp
    • SMS
  • Sistem dashboard terunifikasi untuk:
  • Pembuatan draft dan template pesan
  • Pembuatan template kampanye omnichannel
  • Analitik multi-lapisan untuk kampanye, channel, dan pengguna
John S. Kim, CEO dan Co-Founder

“Sendbird Business Messaging memungkinkan berbagai bisnis dapat menyediakan gabungan layanan komunikasi yang lancar. Komunikasi dapat disampaikan nelalui aplikasi, SMS, sampai WhatsApp. Kehadiran Sendbird Business Messaging tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga meningkatkan kinerja bisnis, dan pengurangan biaya yang signifikan,” ucap John S. Kim, CEO dan Co-Founder.

Baca juga: Solusi 8x8 Omni Shield Lindungi Perusahaan dari Biaya SMS Fiktif

Peralihan komunikasi pelanggan dari SMS ke pesan dalam aplikasi yang ditawarkan Sendbird Business Messaging dapat menghemat biaya. Pendekatan ini memungkinkan tingkat pengiriman konten yang lebih relevan dan persisten, sehingga meningkatkan konversi pelanggan dan mengurangi biaya operasional. Jangkauan perusahaan pun dapat diperluas sampai hampir 100% dari basis pelanggan. Biasanya angka tersebut hanya mencapai 30% di wilayah dengan regulasi SMS ketat. 

Solusi ini dapat digunakan untuk menyampaikan beberapa hal berikut ini:

  • checklist informasi pasien untuk dokter
  • informasi penerbangan
  • informasi lalu lintas dan cuaca yang bisa menghambat pengiriman
  • pemberian kupon kompensasi atas permasalahan layanan pelanggan

Sendbird Business Messaging dapat mengoptimalkan saluran komunikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan biaya terjangkau. Pelanggan versi beta mengalami peningkatan open rate pesan sebesar 78% dan penghematan biaya sebesar 43%. Berbagai departemen pun dapat menjangkau audiensnya secara luas hanya dengan satu alat. 

Pemrogaman pesan pribadi dan massal dapat dilakukan pengembang dengan mudah menggunakan Sendbird Business Messaging. Pengembang bisa mengintegrasikan secara otomatis dengan CRM, logistik atau sistem pembayaran. Feeds notifikasi juga dapat diintegrasikan pengembang ke dalam aplikasi dengan sederhana melalui pemrograman atau integrasi yang dikustomisasi. Integrasi ini dilakukan dengan Kit UI dan SDK untuk sistem Android dan iOS sehingga alur kerja menjadi inovatif dan efisien.

Baca juga: Salesforce Hadirkan Hyperforce untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia 

Sendbird Bussines Messaging dapat digunakan manajer produk yang ingin memberdayakan seluruh divisi perusahaan dengan saluran komunikasi pelanggan seluler. Fleksibilitas teknis solusi ini memudahkan penggunaan operasinal dan memastikan implementasi yang cepat, serta kemampuan penyesuaian yang ekstensif. Solusi ini telah digunakan perusahan-perusahaan di Asia Pasifik.

“Sendbird Business Messaging telah berperan penting bagi bisnis kami. Sejak menggunakannya, Porter telah mencapai open rate pesan dalam aplikasi sebesar 78%, serta telah menghemat biaya sebesar 30% secara keseluruhan. Hal ini dapat terjadi akibat pemotongan biaya SMS, karena kami sudah beralih ke pesan dalam aplikasi yang jauh lebih efektif. Fleksibilitas yang diberikan Sendbird memungkinkan kami membuat ruang khusus di aplikasi kami untuk menemukan pesan-pesan ini dengan mudah,” ucap Apurva Shetty, Product Manager Porter.

Share:

Artikel Terkini