Jenius Co.Creation Week 2020 Hadirkan Kompetisi, Konferensi dan Talks Jenius Co.Creation Week 2020 Hadirkan Kompetisi, Konferensi dan Talks ~ Teknogav.com

Jenius Co.Creation Week 2020 Hadirkan Kompetisi, Konferensi dan Talks



Teknogav.com - Di era digital ini, banyak perubahan gaya hidup dalam melakukan kegiatan. Contohnya dalam mendengarkan musik, dahulu dilakukan dengan membeli kaset atau CD, kini tinggal membuka aplikasi streaming musik seperti Spotify. Demikian juga untuk melakukan pembayaran dan perbankan. Jika dulu harus ke cabang atau ke ATM, kini semua bisa diakukan melalui aplikasi Mobile Banking. Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, peralihan ke teknologi digital pun semakin dipercepat. Jenius mengajak masyarakat menerima perubahan besar yang terjadi dengan menggelar Co Creation Week 2020 pada 2-6 November 2020 secara virtual.

“Perubahan besar yang terjadi saat ini seakan memaksa masyarakat digital savvy untuk beradaptasi. Jenius Co.Creation Week 2020 merupakan ajang bagi kami untuk ber-kokreasi dan berkolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia dalam berinovasi. Inovasi ini menghadirkan solusi finansial yang semakin relevan dan lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang terus berkembang,” ucap Irwan S. Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN.

Baca juga: Jenius QR Dukung Pembayaran di Merchant Offline secara Contactless 

Irwan S. Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN

Sejak awal Jenius selalu membawa kokreasi dan kolaborasi untuk menyajikan layanan finansial yang relevan bagi masyarakat. Setiap tahun Jenius Co.Creation Week digelar untuk memperoleh masukan dari digital savvy Indonesia. Tahun 2020 ini, tema yang diusung pada Co.Creation Week 2020 ini adalah Reshape. Acara mengajak pada digital savvy berteman dengan perubahan, beradaptasi dan menghasilkan cara baru dalam menjalani kehidupan. 

Baca juga: Jenius Dampingi Kelola Usaha dengan Akun Bisnis dan BisnisKit

Proses kokreasi dan kolaborasi sudah dilakukan sampai Agustus 2020 di berbagai channel. Lebih dari 40 ribu digital savvy dari seluruh Indonesia bergabung ikut serta dalam proses tersebut. Metode yang digunakan mencakup lebih dari 300 survei online, focus group discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Hasil kokreasi dan kolaborasi ini diwujudkan dalam inovasi fitur-fitur yang sudah diluncurkan sepanjang tahun 2020. Fitur-fitur tersebut mencakup Jenius untuk Bisnis, Multi Flexi Saver, Moneytory, Jenius QR dan Top-up BNI Tap cash.

fitur-fitur inovasi yang dilulncurkan Jenius sepanjang tahun 2020
Serangkaian acara Jenius Co.Creation 2020 mencakup kompetisi, konferensi, dan talks dengan tiga pilar utama teknologi, kreativitas dan finansial. Dua kompetisi tersebut mencakup Business Competition dan Jenius UI/UX Challenge. Berikut ini adalah rincian masing-masing kompetisi:

Business Competition

Peserta ditantang membuat rencana bisnis dan menjelaskan ide mereka dalam Business Competition. Jumlah peserta yang mengirim ide dan rencana bisnis pada Business Competition teriri dari 179 tim dan 145 orang. Lima tim yang terpilih masuk ke babak final mendapat pelatihan dari para akademisi dan para praktisi wirausaha. Pelatihan dilakukan pada Februari 2020 lalu dengan topik-topik pelatihan yang mendukung perkembangan bisnis, mencakup:

  • Business Model Canvasing Workshop yang dibawakan Sonny Rustiadi. Beliau adalah pengajar wirausaha di SBM ITB dan Wirausahawan di bidang Desain Interior, Telekomunikasi, Edukasi dan Fashion
  • Business Operation and Documentation 101 yang dibawakan Bisma Adi Putra, yaitu Co-founder komunitas wirausaha makanan maubelajarapa.com
  • Business Finance yang dibawakan Budi Raharjo, seorang perencana keuangan tersertifikasi
  • Marketing 101 yang dibawakan Michael Hartawan, Head of Digital Banking Go to Market, Bank BTPN

Setelah mengikuti pelatihan, para finalis pun melakukan presentasi di Jenius Co.Creation Week 2020 pada 8 Maret 2020. Tiga pemenang di babak final ini mendapat hadiah dengan total puluhan juta rupiah. Berikut ini adalah para pemenang kompetisi tersebut:

Baca juga: Kelola Cash Flow di Jenius Lebih Simpel dengan Fitur Moneytory

Beralih ke kompetisi kedua, yaitu Jenius UI/UX Challenge, para peserta ditantang merancang UI/UX aplikasi Jenius yang interaktif dan menyenangkan. Hal ini demi memicu para nasabah Jenius semakin sering menggunakan aplikasi Jenius di kehidupan sehari-hari. Jumlah peserta kompetisi ini mencakup lebih dari 600 yang terdiri dari individu dan tim. Sepuluh finalis dipilih untuk menyampaikan ide di babak final secara online pada 28 Oktober 2020. Pengumuman pemenang akan digelar pada 6 November 2020.

Konferensi

Tokoh-tokoh inspiratif akan hadir di acara konferensi yang dimulai pada 2 November 2020. Mereka berbagi strategi dan kisah mereka berteman dengan perubahan dan berkontribusi bagi masyarakat. Beberapa tokohj inspiratif tersebut adalah:

  • Gusti Kanjeng Ratu Hayu, Penghageng Tepas Tandayekti Kraton Jogja,
  • Ria Tri Sulistyani, Co. Artistic Director Papermoon Puppet
  • Roy Simangunsong, Vice President Head of Advertising and Brand Partnership Disney Indonesia
  • Veronica Colondam, Founder/CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa

Bagi yang ingin mengikuti rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2020 secara virtual dapat mengunjungi https://www.cocreate.id/cocreation-week-2020/,

Baca juga: Praktis Top Up BNI TapCash dengan Aplikasi Jenius

Jenius Co.Create juga terus melakukan kokreasi dan kolaborasi dengan menggelar 52 kelas online yang terdiri dari berbagai topik. Jumlah peserta kelas online ini lebih dari 4.000 orang. Para peserta tak hanya dari Indonesia namun juga dari luar negeri seperti Belgia dan Selandia Baru.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email