Homeplus Co. Gunakan Dukungan Database Oracle dari Rimini Street Homeplus Co. Gunakan Dukungan Database Oracle dari Rimini Street ~ Teknogav.com

Homeplus Co. Gunakan Dukungan Database Oracle dari Rimini Street

Teknogav.com – Homeplus Co. Ltd, adalah perusahaan yang bergerak di bidang supermarket dan peritel Korea yang berpusat di Seoul. Kini perusahaan telah beralih menggunakan dukungan pihak ketiga pada solusi database Oracle yang digunakannya. Peralihan tersebut dilakukan untuk menyajikan layanan berkualitas dengan menghemat biaya jangka panjang. Berkat penggunaan dukungan dari Rimini Street, sumber daya Teknologi Informasi (TI) mereka pun lebih fokus untuk memodernisasi infrastruktur.

Rimini Street, Inc. merupakan perusahaan yang menyediakan dukungan pihak ketiga untuk produk perangkat lunak Oracle dan SAP. Perusahaan penyedia perangkat lunak ini juga merupakan mitra dari Salesforce. Kini Rimini Street memberikan dukungan pernagkat lunak Oracle Database, Oracle eBusiness Suite, dan Oracle Retail Warehouse Management bagi Homeplus Co.

Baca juga: Rimini Street Sediakan Layanan Dukungan Bagi Hyundai-Kia Motor

Dukungan dari Rimini Street tersebut dapat menghemat 50% biaya pemeliharaan tahunan yang biasanya harus dibayar ke vendor. Kini Homeplus bisa terus menggunakan sistem Oracle inti yang penting bagi kelangsungan bisnis setidaknya 15 tahun dengan dukungan Rimini Street. Penghematan hasil menggunakan dukungan tersebut dan sumber daya TI yang ada bisa dialihkan untuk memodernisasi infrastruktur perangkat keras perusahaan.

Pertimbangan Rimini Street dalam Memilih Dukungan Oracle

Sejak didirikan pada tahun 1997, Homeplus Co sudah memiliki lebih dari 140 cabang dan 25 ribu karyawan di Korea Selatan.  Bisnis perusahaan mencakup jaringan supermarket ‘Homeplus Express’, minimarket ‘365 Plus’ dan layanan belanja online untuk berbagai kebutuhan. Produk-produk yang dijual perusahaan ini mencakup bahan pangan, pakaian dan perlengkapan rumah tangga.

Baca juga: Hyundai-Kia Motors Perluas Penggunaan Dukungan Rimini Street untuk Oracle Database

CIO Homeplus Co. mulai mencari cara untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk teknologi pada tahun 2019. Langkah tersebut dilakukan setelah melihat tingginya biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pemeliharaan dan dukungan Oracle.

Perubahan pun telah banyak dilakukan pada aplikasi Oracle EBS dan Retail Warehouse Management demi menyesuaikan kebutuhan Homeplus Co. Tentunya dampak dari hal tersebut adalah dukungan atas perubahan. Dukungan mandiri terhadap sistem Oracle pun mulai dilakukan Homeplus Co. untuk menghemat biaya. Tetapi ternyata kebutuhan dukungan teknis tersebut melebihi kemampuan departemen TI perusahaan.

Baca juga: Tips Atasi Utang Teknis untuk Percepat Inovasi Bagi CIO

Berbagai opsi yang ada pun dipertimbangkan, termasuk penggunaan kembali dukungan dari vendor. Setelah melakukan pertimbangan tersebut, Homeplus pun memilih Rimini Street. Keputusan tersebut dibuat setelah memastikan dukungan berkualitas dan keahlian yang akan diperoleh dari Primary Support Engineer yang ditugaskan secara khusus. Selain itu Rimini Street juga akan menugaskan tim pakar teknis mereka.

 “Kami beralih ke Rimini Street untuk mengoptimalkan belanja TI. Pengalihan ini juga untuk memperoleh dukungan dan pemeliharaan premium untuk seluruh sistem Oracle yang kami gunakan. Industri ritel tengah menghadapi tantangan ekstra akibat pandemi global. Tingkat dukungan Rimini Street yang terdedikasi memungkinkan kami mengalihkan sumber daya TI untuk melaksanakan salah satu prioritas transformasi perusahaan. Prioritas tersebut adalah modernisasi infrastruktur perangkat keras,” ucap CIO Homeplus Co. Ltd. “

Dukungan Rimini Street

Seorang Primary Support Engineer akan ditugaskan secara khusus di Homeplus Co layaknya seluruh pelanggan Rimini Street. Selain itu juga ada dukungan tim pakar fungsional dan teknis dengan rata-rata pengalaman selama 15 tahun. Pengalaman tersebut mencakup penanganan sistem perangkat lunak yang digunakan pelanggan.

Para pelanggan Rimini Street juga mendapatkan manfaat Service Level Agreement (SLA). Kesepakatan tersebut mencakup penanganan dengan waktu tanggap 10 menit untuk kasus penting Prioritas 1. Sedangkan untuk kasus Prioritas 2 waktu tanggapnya adalah 15 menit.

Baca juga: Rimini Street Makin Percepat Penyelesaian Masalah dengan Persingkat Waktu Tanggap
.
“Kami senang dapat bermitra dengan HomePlus Co. untuk meningkatkan daya saing digital mereka. Kemitraan ini membantu mereka melepaskan diri dari siklus peningkatan perangkat lunak terus menerus yang dilakukan vendor. Langkah ini memungkinkan untuk  mengambil alih kendali roadmap TI mereka,” ucap Hyungwook “Kevin” Kim, Regional General Manager Rimini Street untuk Korea.

Hyungwook “Kevin” Kim
juga mengklaim bahwa dukungan pihak ketiga dari Rimini Street berhasil menekan biaya dukungan dan pemeliharaan perangkat lunak.  Penekanan biaya dukungan tersebut telah berhasil dilakukan oleh hampir 200 perusahaan retail.  Dukungan pihak ketiga mampu menjawab tantangan anggaran jangka pendek dan berinvestasi pada program transformasi digital. Langkah ini dapat memicu daya saing dan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email