Review Lenovo ThinkPad T14s, Laptop Tangguh dengan Keamanan Terintegrasi Review Lenovo ThinkPad T14s, Laptop Tangguh dengan Keamanan Terintegrasi ~ Teknogav.com

Review Lenovo ThinkPad T14s, Laptop Tangguh dengan Keamanan Terintegrasi


Teknogav.com – Ketangguhan laptop seri ThinkPad dari Lenovo memang tak perlu diragukan lagi. Kali ini Teknogav.com berkesempatan untuk melakukan review laptop Lenovo ThinkPad T14s yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 Pro 4750U. Ketangguhan laptop ini sudah lolos pengujian 12 persyaratan tingkat militer dan 200 pemeriksaan kualitas. Tak hanya tangguh dari seri fisik, Lenovo Thinkpad T14s ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang terintegrasi.

Jika ThinkPad seri E lebih mengutamakan laptop profesional dengan harga terjangkau, maka ThinkPad seri T mengeepankan kinerja, fitur dan keamanan. Daya pada baterai pada Lenovo ThinkPad T14s mampu bertahan lama, selain itu juga didukung pengisian daya cepat. Tak hanya hemat baterai, laptop ini pun mampu menghemat waktu untuk meningkatkan produktivitas. Laptop ini bisa dinyalakan dalam satu detik lalu langsung terhubun dengan fitur Modern Standby. Selain itu fitur Wake On Voice memungkinkan untuk memberikan perintah dari berbagai ruang yang masih bisa dijangkau.

Baca juga: Prosesor Mobile AMD Ryzen Pro 4000 Series Sajikan Fleksibilitas Kerja

Dukungan produktivitas pun dilakukan dengan menghadirkan fitur-fitur khusus. Pada keyboard terdapat tombol fungsi khusus, yaitu F9-F11 yang didedikasikan untuk melalukan panggilan telepon. Selain itu tentu saja ada trackpoint yang menjadi ciri khas ThinkPad dan trackpad. Tak perlu repot memindah kursor juga dengan kemampuan layar sentuh Lenovo ThinkPad T14s yang memudahkan pengendalian langsung dengan menyentuh layar.

Unboxing

Isi paket pembelian Lenovo ThinkPad T14s ini terdiri dari unit laptop, adapter dan kabel. Selain itu juga terdapat kartu garansi dan buku panduan.

isi paket Lenovo ThinkPad T14s

Kinerja Prosesor dan Grafis

Prosesor yang digunakan pada Lenovo ThinkPad T14s ini adalah AMD Ryzen PRO 4750U. Kode U tersebut menunjukkan bahwa varian prosesor tersebut biasa digunakan pada laptop tipis. Sementara itu varian PRO menunjukkan kelebihan dalam hal manajemen dan keamanan, termasuk enkripsi memori penuh. 

AMD Ryzen PRO 4750U memiliki 8 inti prosesor dan 16 thread. Kecepatan dasar prosesor ini adalah 1,7 GHz dan bisa ditingkatkan sampai 4,1 GHz. Produksi prosesor ini pun sudah menggunakan metode 7 nm. Keunggulan dari metode tersebut adalah kemampuan untuk beroperasi dengan tegangan lebih rendah tanpa mengorbankan kinerja. Thermal design power (TDP) prosesor ini 15 watt, yang merupakan konsumsi daya pada beban teoritis maksimum. Pengisian daya cepat pada baterai mampu mengisi daya sampai 80% dari kondisi kosong hanya dalam waktu satu jam.

Baca juga: 5 Alasan Pembaruan PC atau Laptop dapat Tingkatkan Produktivitas Perusahaan

Kinerja prosesor didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas 8 GB. AMD juga mengintegrasikan prosesor ini dengan GPU Radeon Vega untuk menunjang kinerja grafisnya. Kinerja grafis cukup mulus saat digunakan untuk menonton video atau konten, sayangnya tampilan malah agak tersendat ketika digunakan bekerja. Sementara itu media penyimpanan laptop ini menggunakan teknologi SSD dengan kapasitas 512 GB. SSD mendukung akses ke data atau file yang tersimpan di dalamnya lebih cepat, dan juga saat membuka aplikasi.

Keamanan

Laptop Lenovo ThinkPad T14s ini menyajikan keamanan dari segi perangkat keras dan perangkat lunak. Di bingkai atas layar terdapat kamera yang dilengkapi dengan Thinkshutter untuk menutup kamera secara fisik. Fitur ini dapat mencegah pemantauan dari kamera yang tak disadari. Di bawah keyboard, tepatnya di samping kanan trackpad, terdapat sensor sidik jari yang bisa digunakan untuk mengakses laptop lebih cepat. Akses cepat ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan Windows Hello yang terintegrasi dengan Windows 10 Pro.

kamera yang dilengkapi ThinkShutter

Sementara pada sisi kanan, terdapat slout penguncian keamanan Kensington untuk mengunci laptop di meja agar tidak mudah diambil pencuri. Selain itu tersedia juga AMD Memory Guard yang eksklusif menyediakan enkripsi memori yang lengkap.

Desain Lenovo ThinkPad T14s

Layar Lenovo ThinkPad T14s ini memiliki ukuran 14 inci dengan pinggiran yang tipis di sebelah kiri dan kanan layar. Sementara itu pinggiran atas dan bawah layar agak tebal dengan kamera yang ada di pinggiran atas layar. Di sisi atas bingkai atas terdapat switch untuk mengatur ThinkShutter menutup atau membuka lensa. Serunya lagi, layar laptop ini bisa diputar sampai terbuka 180°, sehingga mudah berbagai tampilan layar ke orang lain.

Lenovo ThinkPad T14s
Lenovo ThinkPad T14s

Dimensi Lenovo ThinkPad T14s cukup tipis yaitu 328,8 mm x 226,15 mm x 16,7 mm. Dari sisi ketebalan lebih tipis dari Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 yang memiliki ketebalan 17,9 mm. Bobotnya pun lebih ringan, yaitu mulai dari 1,27 kg, sementara Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 memiliki bobot 1,59 kg. Kendati demikian kedua laptop tersebut begitu mirip dengan warna hitam khas Lenovo dan logo di cover belakang layar. 

Logo di cover belakang layar memiliki LED merah pada titik huruf "i" di tulisan ThinkPad. LED tersebut akan menyala ketika laptop dalam kondisi menyala. Logo ThinkPad juga dapat dilihat pada panel sandaran tangan di bawah keyboard

Logo ThinkPad di Lenovo ThinkPad T14s

Keyboard, TrackPad dan TrackPoint

Tombol pada keyboard tersusun cukup nyaman untuk digunakan mengetik. Jika dalam kondisi pencahayaan kurang, bisa dibantu dengan backlit yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol Fn dan spasi. Selain itu tersedia juga tombol khusus untuk melakukan panggilan telepon, yaitu F9-F11. Sayangnya ada sedikit pertukaran tombol jika dibandingkan laptop Lenovo lama dan laptop lain, yaitu posisi Fn dan Ctrl. Selain itu, posisi PrintScreen pun ditempatkan sejajar dengan spasi. Sebenarnya susunan ini sama dengan susunan pada Lenovo ThinkPad E14 Gen 2.

keyboard pada Lenovo ThinkPad T14s

Baca juga: Review Lenovo ThinkPad X395, Kerja Lancar dan Aman di Lapangan

Masih seputar keyboard, di tengah susunan tombol, terdapat trackpoint berwarna merah yang diapit tombol G. H dan B. Trackpoint ini memudahkan untuk menempatkan kursor lebih presisi atau memudahkan saat merancang desain dengan CAD. Solusi lain adalah dengan menyentuh langsung ke layar, karena memang sudah dilengkapi dengan layar sentuh. Posisi tombol daya di laptop ini tidak menyatu dengan keyboard, sehingga bisa menghindari salah tekan saat bekerja.

posisi tombol daya dan engsel pada Lenovo ThinkPad T14s

Trackpad pada Lenovo ThinkPad T14s

Di bawah keyboard, terdapat trackpad dengan tombol klik khas ThinkPad. Trackpad ini juga digunakan untuk memindahkan kursor atau memblok tulisan dengan dukungan tombol klik khas ThinkPad di atas trackpad. Sayangnya lagi, lagi gerakan kursor terkadang tersendat. Di sebelah kanan trackpad terdapat sensor sidik jari yang mendukung keamanan dengan biometri.

Konektivitas Lengkap

Port yang tersedia pada Lenovo ThinkPad T14s ini ada di sisi kiri dan kanan, sementara sisi depan dan belakang polos. Pada sisi kiri, dari belakang ke depan terdapat port USB tipe-C sebagai port daya, USB tipe-C Gen 2, ekstensi jaringan untuk Ethernet, USB 3.2 Gen 1, HDMI dan jack audio kombo. Audio pada laptop juga didukungt sistem speaker Dolby Audio dan mikrofon dual far-field. Sementara itu di sisi kanan dari belakang ke depan terdapat slot pengunci Kensington, USB 3.2 Gen 1 dan opsi smart card reader.

sisi kiri Lenovo ThinkPad T14s
sisi kanan Lenovo ThinkPad T14s

Koneksi nirkabel pada Lenovo ThinkPad T14s ini juga sudah didukung oleh teknologi Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1. Teknologi Wi-Fi 6 tentu saja tidak perlu diragukan lagi, sayangnya terkadang koneksi data sering tiba-tiba mandeg. Jadi perlu memutus koneksi dan menyambungkan lagi agar bisa kembali lancar. Sementara itu transfer file menggunakan koneksi Bluetooth 5.1 sangat lancar dan cepat tanpa kendala.

Benchmark

Beberapa aplikasi benchmark kami gunakan untuk menguji kinerja Lenovo ThinkPad T14s, baik dari segi prosesor, grafis, memori dan lain-lain. Pengujian pertama menggunakan PC Mark yang memperoleh skor 4309. Hasil ini agak aneh karena lebih rendah dibandingkan ThinkPad E14 Gen 2 yang menggunakan Ryzen 5 4500U dengan skor 4402. Kendati demikian, selisih skor tersebut hanya sedikit saja.

Nilai Essential yang diraih laptop ini sangat tinggi, yaitu 8740. Skor tersebut bahkan lebih dari dua kali lipat batas untuk masuk dalam kinerja baik yang di angka 4100. Sayangnya ternyata lagi-lagi skor tersebut masih di bawah ThinkPad E14 Gen 2 yang meraih skor 8877. Parameter Essential menunjukkan keandalan pengerjaan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian lengkap skor yang diraih Lenovo ThinkPad T14s.

Benchmarking ThinkPad T14s menggunakan PC Mark 10

Pengujian kedua menggunakan PassMark, skor yang diperoleh untuk kinerja sistem keseluruhan adalah 3924. Nah, nilai tersebut lebih tinggi jika dibandingkan skor ThinkPad E14 Gen 2 yang meraih nilai 3336. Tentu saja angka keduanya lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata dunia 2711.

Uji kinerja sistem Lenovo ThinkPad T14s keseluruhan dengan PassMark

Beralih ke nilai CPU, skor yang diperoleh adalah 13860, jauh lebih tinggi dibanding ThinkPad E14 Gen 2 dengan nilai 11298. Sungguh luar biasa nilai yang diperoleh ThinkPad T14s, bahkan melebihi dua kali lipat nilai rata-rata dunia 6872.

Baca juga: Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, Kinerja Profesional Laptop Tangguh

Uji kinerja CPU Lenovo ThinkPad T14s dengan PassMark
peringkat dengan CPU Mark

Jika melihat daftar peringkat skor yang disusun PassMark, tampak kinerja AMD Ryzen 7 PRO 4750 ini luar biasa. Skor yang diperoleh bahkan jauh di atas Intel Core i7-10750H yang merupakan prosesor Intel Core generasi ke-10. Padahal prosesor tersebut termasuk varian yang berkinerja tinggi. Kendati demikian, peringkat AMD Ryzen 7 PRO 4750U ini masih di bawah AMD Ryzen 7 4800H.



Uji kinerja grafis 2D Lenovo ThinkPad T14s dengan PassMark

Uji kinerja grafis 3D Lenovo ThinkPad T14s dengan PassMark

Uji grafis dengan benchmarking PassMark menghasilkan skor 545 untuk 2D dan 2115 untuk 3D. Sayangnya kedua skor tersebut masih di bawah skor rata-rata dunia, yaitu masing-masing 602 untuk 2D dan 3607 untuk 3D. Nilai grafis 2D yang diperoleh ThinkPad T14s ini pun masih lebih rendah dibandingkanThinkPad E14 Gen 2, yaitu 562. Tetapi untuk 3D, skor yang diperoleh ThinkPad E14 Gen 2 ini masih lebih rendah, yaitu 1302.

Uji kinerja memori Lenovo ThinkPad T14s dengan PassMark

rangkuman nilai keseluruhan, termasuk hasil pengujian DiskMark

Beralih ke memori, nilai yang diperoleh cukup baik di atas rata-rata dunia 1743, yaitu 1963. Sementara itu untuk pengujian Disk Mark, skor yang diperoleh adalah 15646,9.

Pengujian kerja inti prosesor pun diuji menggunakan benchmark Geekbench 4. Nilai yang diperoleh untuk kerja single core adalah 4135. Sayangnya nilai ini sedikit di bawah nilai yang diperoleh ThinkPad E14 Gen 2 yang memiliki nilai 4504. Sementara untuk nilai multi core, niali yang diperoleh ThinkPad T14s adalah 19756. Nah nilai multi core yang diperoleh ini jauh lebih tinggi dari nilai ThinkPad E14 Gen 2 yang meraih nilai 16708. Berikut ini adalah hasil penilaian lengkap menggunakan Geekbench 4.

Uji CPU GeekBench 4

Uji Open CL GeekBench 4

Terakhir, Teknogav.com juga melakukan pengecekan informasi sistem dan benchmark menggunakan CPU-Z. Berikut ini adalah hasilnya.

CPU-Z

Harga yang dibanderol pada Lenovo ThinkPad T14s berada pada kisaran Rp14,85 juta. Harga ini lebih tinggi dibandingkan ThinkPad E14 Gen 2, karena seri E memang merupakan laptop profesional dengan harga lebih terjangkau. Pembelian laptop Lenovo ThinkPad T14s dapat dilakukan pada beberapa e-commerce berikut ini:

Klik untuk membeli Lnovo ThinkPad T14s di Shopee

Klik untuk membeli Lenovo ThinkPad T14s di Tokopedia

Kelebihan

Kinerja AMD Ryzen 7 PRO 4750U yang mentenagai Lenovo ThinkPad T14s ini cukup mumpuni. Hal ini pun terbukti dengan nilai yang diraih saat pengujian menggunakan benchmark. Layar sentuh dan trackpoint sangat membantu dalam pengoperasian laptop saat digunakan. 

Dimensi ThinkPad T14s cukup tipis dan ringan sehingga tak membebani saat dibawa bepergian. Pilihan port yang tersedia pun cukup beragam, pengisian daya dengan USB tipe-C memudahkan untuk memakai adapter laptop lain. Posisi tombol daya terpisah dengan tombol lain di keyboard sehingga menghindari salah tekan saat bekerja. 

Keamanan dan privasi pada laptop ini benar-benar bisa diandalkan, apalagi dengan tersedianya ThinkShutter pada kamera. Beberapa laptop kelas atas di pasaran bahkan ada yang belum menyertakan fitur ini. Kamera pun terintegrasi dengan fitur keamanan dan bisa memanfaatkan akses menggunakan pengenalan wajah. Ketersediaan sensor sidik jari pun memperkuat keamanan laptop yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Kelemahan

Tampilan layar kurang tajam, demikian juga dengan kualitas kamera. Audio yang dihasilkan oleh speaker pun masih kurang maksimal. Susunan keyboard masih membuat canggung bagi yang belum terbiasa menggunakan posisi tombol Fn dan Ctrl.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad T14s

Sistem Operasi

Windows 10 Pro

Prosesor

AMD Ryzen 7 PRO4750U

Form Factor

Laptop

Memori

DDR4 8 GB

Memori Internal

SSD PCIe 512 GB

Layanan awan

OneDrive

Layar

14" FHD IPS (1920 x 1080, 300 nit), touchscreen, anti glare

Grafis

AMD Radeon Vega

Port

2 x USB 3.2** Gen 1 (1 always on)

2 x USB-C (DisplayPort, Data Transfer, Power Delivery)

MicroSD card reader

Optional: Smart card reader

Headphone / mic combo

HDMI 2.0

Network extension for Ethernet/side mechanical docking

Audio

Dolby Audio™

Dual far-field microphones

Webcam

720p HD with ThinkShutter

Keyboard

Spill resistant

Tombol pengendali panggilan (F9-F11)

backlight with white LED lighting (Fn+Spasi)

Konektivitas

Optional WWAN: Integrated Global Mobile Broadband LTE-A, CAT9

WLAN: Intel® Wi-Fi 6 AX200 802.11AX (2 x 2)

RJ45 via Ethernet Extension cable

Bluetooth® 5.1

 

Jenis Catu Daya

65W

Baterai

3 Cell 57Wh

Dimensi

328,8 mm x 226,15 mm x 16,7 mm (WxDxH)

Bobot

Mulai dari 1,27 kg

Warna

Hitam

Aplikasi

Dolby Audio Speaker System, Lenovo Vantage, Microsoft Store, One Drive, Xbox Console Companion, Xbox Game Bar

Garansi

1 tahun


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email