Resmi Meluncur, Ini Fitur-fitur Andalan dan Harga OPPO Reno6 Resmi Meluncur, Ini Fitur-fitur Andalan dan Harga OPPO Reno6 ~ Teknogav.com

Resmi Meluncur, Ini Fitur-fitur Andalan dan Harga OPPO Reno6



Teknogav.com – Sebelumnya OPPO telah memamerkan desain Reno6 dan keandalan kamera untuk videografi dengan fitur bokeh. Peluncuran resmi Reno6 pun makin dekat, namun OPPO sudah memaparkan spesifikasi lengkap dari smartphone andalannya tersebut. Yuk simak fitur-fitur apa saja yang akan mempersenjatai Reno6.

Chipset yang digunakan pada Reno6 adalah Qualcomm® Snapdragon™ 720G, sama seperti chipset pada Reno4 dan Reno5. Fitur-fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming menjadi andalan pada chipset untuk meningkatkan pengalaman gaming dan hiburan. Pengalaman gaming terasa realistis dan imersif. Selain itu tersedia juga Qualcomm aptX Adaptive yang memungkinkan sinkronisasi suara berkualitas tinggi.

Baca juga: Tiga Chipset Smartphone 4G Qualcomm Terkini Unggulkan Konektivitas dan AI

Kinerja prosesor pada chipset didukung oleh RAM LPDDR4X berkapasitas sampai 8 GB. Sementara itu media penyimpanan sudah menggunakan UFS 2.1 berkapasitas 128 GB. Media penyimpanan ini disertai fitur RAM expansion untuk menggunakan kapasitas media penyimpanan sebagai RAM virtual. Tambahan kapasitas RAM virtual tersebut terdiri dari beberapa pilihan, yaitu 2 GB, 3 GB dan 5 GB. Kapasitas media penyimpanan ini pun bisa ditambah menggunakan memori eksternal micro SD.

Keandalan Fotografi dan Videografi

Fotografi dan videografi pada Reno6 didukung oleh konfigurasi empat kamera pada smartphone. Berikut ini adalah konfigurasi dari keempat kamera tersebut

  • kamera utama 64 MP dengan bukaan lensa f/1.7
  • kamera sudut lebar 119° 8 MP dengan bukaan lensa f/2.2
  • kamera makro 4 cm 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4
  • kamera mono 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4

Fitur Bokeh Flare Video Portrait merupakan nilai jual utama Reno6 yang bisa membuat efek seperti film Hollywood. Efek tersebut memanfaatkan lebih dari 10 juta dataset potret dan algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Kemampuan AI akan membuat latar belakang blur, terutama saat terkena lingkaran cahaya. Algoritma tersebut secara tepat menunjukkan sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkat kedalaman. 

Kemampuan fitur Bokeh ini bisa memberikan hasil layaknya kamera profesional. Serunya lagi, efek ini tak hanya bisa digunakan di kamera belakang, tetapi juga kamera depan. Kamera depan yang tersemat pada punch hole di layar tersebut memiliki resolusi 44 MP dan bukaan lensa f/2.4. 

bokeh sinematik

Baca juga: Kamera pada OPPO Reno6 Dukung Videografi Bokeh Sinematik

Pemotretan dan pemrosesan gambar tersebut bisa diselesaikan hanya dalam waktu 10 miliderik, sehingga hasil sesuai yang dilihat. Latar belakang gambar dioptimalkan otomatis dengan titik cahaya bokeh. Di saat yang sama, subjek potret dicerahkan sehingga cukup sekali klik untuk memperoleh efek potret tingkat profesional.

Keandalan Fitur Kamera Lainnya

Fitur andalan lain adalah AI Highlight Video untuk memperjelas tampilan video di malam hari atau pada kondisi cahaya latar kuat. Cahaya sekitar akan otomatis dideteksi untuk menghasilkan video potret yang lebih jelas, cerah dan hidup. Algoritma yang digunakan pada fitur ini adalah Ultra Night Video dan Live HDR.

Saat melakukan perekaman di malam hari, algoritma Ultra Night Video otomatis aktif untuk meningkatkan kecerahan dan mengembalikan warna asli. Detail terlihat jelas pada tekstur video, bahkan di area yang lebih gelap. Sebaliknya saat cahaya latar sangat kuat, maka algoritma Live HDR akan aktif untuk mempertahankan warna dan detail pada area gelap.

Bagi yang ingin tampil cantik, tersedia fitur Portrait Beautification Video yang menggabungkan pengenalan sampai 193 titik wajah untuk video. Fitur ini memberikan efek untuk mempercantik wajah secara halus dan alami untuk video potret dengan menghilangkan ketidaksempurnaan kulit di wajah. Efek tersebut diterapkan sambil tetap mempertahankan fitur alami, mencocokkan warna kulit dan wajah dengan leher dan tangan, serta mencerahkan mata.

Image Clear Engine (ICE) adalah teknologi eksklusif OPPO yang otomatis fokus pada objek dengan cepat. Fokus tersebut dapat dilakukan segera setelah kamera dinyalakan sehingga menjamin foto snapshot cepat selalu jernih dan stabil. Foto dengan resolusi sampai 108 MP tampak lebih jelas dan tajam ketika diperbesar berkat algoritma resolusi super yang menyertai kamera. Kamera pada Reno6 juga disertai AI Pallete untuk memandu pengguna melakukan pose sesuai koleksi yang ada.

Desain OPPO Reno 6

OPPO juga sudah membahas desain Reno6 yang ketebalannya hanya 7,8 mm dan bobor 173 gram sehingga pas dalam genggaman. Pilihan warna yang tersedia adalah Aurora dan Stellar Black. Efek visuali yang selalu berubah pada Reno6 Aurora dihasikan melalui metode Diamond Spectrum. Tampilan Reno6 Aurora menghasilkan jutaan warna dai berbagai sudut dan pencahayaan yang berbeda. Sedangkan tampilan Stellar Black terlihat detail dengan kilauan halus menuju warna hitam klasik. 

Kedua warna tersebut disertai dengan efek Reno Glow.  Penerapan teknik pewarnaan Reno Glow ini menggunakan 20 paten yang dimiliki OPPO. Tampilan Reno6 lebih menarik berkat teknologi warna Reno Glow yang eksklusif. Teknologi ini memberikan efek kilauan halus pada cover belakang smartphone dan bebas bekas sidik jari.

Baca juga: OPPO Reno6 Siap Hadir dengan Desain Stylish, Ringan dan Smooth

Layar Reno6 berukuran 6,4 inci dengan teknologi AMOLED, resolusi FHD+, rasio layar-ke-bodi 91,7% dan aspek rasio 20:9. Tampilan pada layar tampak mulus berkat refresh rate 90 Hz dan respon sentuhan sampai 180 Hz. Kenyamanan pada mata dengan menyingkirkan sinar biru pun terjamin berkat sertifikasi SGS Eye Care Display. Selain itu, layar Reno6 ini juga menyandang sertifikasi Netflix & Amazon Video HD Streaming untuk menjamin streaming konten lebih detail.

Baterai

Kapasitas baterai Reno6 adalah 4310 yang mendukung pengisian daya cepat 50 W. Cukup 45 menit saja untuk bisa mengisi daya baterai sampai 100%. Sementara itu untuk pengisian daya selama lima menit bisa mendapatkan daya untuk pemutaran video terus menerus selama tiga jam. Perlu diingat bahwa pemutaran video ini berlaku untuk video hasil rekaman atau yang tersimpan dalam media penyimpanan dan bukan streaming.

Fitur pada baterai mencakup Super Power Saving Mode dan Super Nightime Standby yang akan memaksimalkan sisa baterai ketika sangat dibutuhkan. Ketika sisa baterai tinggal sedikit, maka masih bisa bertahan maksimal sampai tersedia tempat untuk mengisi daya kembali.

Perangkat Lunak dan Gaming

Antarmuka  ColorOS 11 mengemas sistem operasi Android 11 agar leih nyaman digunakan. Aplikasi O Relax pada Reno6 berisi serangkaian suara yang menenangkan. Versi terbaru aplikasi ini menghadirkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization dan mini game penghilang stress. Sementara itu OPPO Theme Store menyediakan Artist Wallpaper yang menyajikan serangkaian wallpaper yang memadukan keindahan teknologi dan seni.

Reno6 memungkinkan untuk melakukan tangkapan layar dalam berbagai bentuk dengan fitur Freeform Screeshots. Pilihan bentuk tangkapan layar tersebut adalah persegi, segi empat sama sisi dan bebas atau free screenshot. Konten tangkapan layar pun bisa diterjemahka ke lebih dari 100 bahasa hanya dengan Google Lens, caranya cukup menekan tombol “terjemahkan”.

OPPO Reno6

Tampilan layar bisa diatur untuk tak meredup atau mati saat pengguna masih menatap layar berkat fitur Adaptive Sleep. Fitur ini memanfaatkan kamera depan 44 MP dan algoritma penginderaan cerdas AI untuk mendeteksi keberadaan pengguna. Algoritma AI juga mendukung fitur Anti-peeping untuk mendeteksi orang lain yang mengintip smartphone. Secara otomatis fitur Anti-peeping akan menyembunyikan notifikasi pop-up untuk menghidari orang yang memata-matai layar. Fitur privasi lainnya adalah Private System untuk membuat beberapa akun di smartphone dengan aplikasi dan data terpisah.

Ketika sedang menggunakan aplikasi media sosial atau video populer, tampilan bisa bergulir dari atas ke bawah menggunakan fitur Air Gesture. Fitur ini mengenali gerakan sehingga tak perlu menyentuh layar untuk mengendalikan tampilan. Selain itu bisa juga digunakan untuk menjawab panggilan tanpa harus menyentuh smartphone.

Bagi gamer, Reno6 memiliki fitur Quick Startup yang mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan. Fitur ini akan menjaga game tetap aktif di latar belakang, bahkan setelah keluar dari game. Ketika kembali ke game, maka pengguna bisa menggunakan short-cut untuk langsung menuju beranda game hanya dengan sekali klik. Saat bermain, semua pemberitahuan dapat diminimalkan dengan fitur Game Focus Mode. Selain itu tentu saja tersedia teknologi Hyperboost 4.0. Perpaduan ketiga fitur gaming tersebut akan menyajikan pengalaman online gaming terbaik.

Harga dan Ketersediaan

Pre-order OPPO Reno6 dapat dilakukan selama periode 16-22 Juli 2021 secara online melalui Shopee dan jaringan OPPO Store. Selain itu tersedia juga di toko-toko yang menjual smartphone OPPO di Indonesia. Harga resmi yang dibanderol pada OPPO Reno6 adalah Rp5.199.000. Para pemesanan di masa pre-order tersedia bonus berupa Reno Wireless Mini Home Theater senilai Rp1,5 juta selama persediaan masih ada.

Klik untuk pre-order Reno6 di Shopee

Spesifikasi OPPO Reno6

Warna

Aurora \ Stellar Black

Ukuran

159,1 mm × 73,3 mm × 7,8 mm

Prosesor

Qualcomm® Snapdragon™ 720G

Memori dan Media Penyimpanan

RAM LPDDR4X 8 GB

Media penyimpanan UFS 2.1 dengan fitur RAM expansion dan bisa diperluas dengan memori eksternal Micro SD

Bobot

Sekitar 173 gram

Bahan Cover Belakang

OPPO Reno Glow + bahan anti gores

Layar

6.4" AMOLED Single Punch Hole

FHD+ 2400 x 1080 piksel

Refresh rate 90 Hz + touch sampling rate sampai 180 Hz

Sidik Jari

Sensor sidik jari di dalam layar

Kamera Utama

  • 64 MP Main Camera F/1.7 

  • 8 MP 119° Wide Angle Camera F/2.2 

  • 2 MP Macro Camera (4 cm) F/2.4 

  • 2 MP Mono Camera F2.4

Kamera Depan

44 MP F/2.4

Baterai & Pengisian Daya

4310 mAh, 50 W Flash Charge

Teknologi Pendingin

Multi-cooling System

Antarmuka dan sistem operasi

ColorOS 11.1 berbasis Android 11

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email