Review: Jajaran Produk Smart Tapo, Dukung Smart Home Modern Review: Jajaran Produk Smart Tapo, Dukung Smart Home Modern ~ Teknogav.com

Review: Jajaran Produk Smart Tapo, Dukung Smart Home Modern

Teknogav.com – Di era digital ini banyak produk-produk elektronik yang dibekali dengan konektivitas untuk dapat terhubung dengan perangkat lain. TP-Link yang selama ini dikenal dengan produk-produk modem dan router Wi-Fi pun meluncurkan produk-produk smart yang dapat membentuk smart home. Pada review kali ini, tim Teknogav.com menggunakan empat produk smart Tapo besutan TP-Link yang terhubung ke aplikasi Tapo. Keempat produk tersebut terdiri dari satu kamera, dua lampu dan satu soket.

Berikut ini adalah empat produk Tapo yang digunakan tim Teknogav.com pada review kali ini:

  • TP-Link Tapo C200 - Home Security Wi-Fi Pan and Tilt Camera 1080 p
  • TP-Link Tapo L530E-Smart Wi-Fi Light Bulb, Multicolor
  • TP-Link Tapo L510E-Smart Wi-Fi Light Bulb, Dimmable
  • TP-Link Tapo Mini Smart Wi-Fi Socket P100
 

Pairing Awal Produk-produk Tapo

Keempat produk tersebut dihubungkan ke aplikasi Tapo yang diinstal di smartphone Android. Aplikasi Tapo dapat diunduh secara gratis melalui Google Play, tentu saja aplikasi tersebut juga tersedia untuk iOS. Proses pairing seluruh perangkat berjalan dengan mulus. Metode untuk menghubungkan kamera dan lampu ke aplikasi Tapo sama. Awalnya smartphone harus dihubungan ke perangkat smart tersebut secara langsung menggunakan koneksi Wi-Fi, Kemudian perangkat-perangkat smart Tapo dihubungkan ke jaringan Wi-Fi di rumah melalui smartphone dengan memasukkan kata sandi jaringan Wi-Fi di rumah. 

Baca juga: Jajaran Perangkat TP-Link Terkini Mudahkan Instal Teknologi yang Reliable

Sementara itu untuk Tapo Mini Smart Wi-Fi Socket P100 berbeda, awal pairing perangkat ini menggunakan Bluetooth. Setelah terhubung, seluruh perangkat smart Tapo dapat dikendalikan setiap saat dari mana pun dari smartphone melalui aplikasi Tapo. Pembaruan firmware produk-produk pintar Tapo pun dapat dilakukan secara otomatis dari aplikasi Tapo. Pengendalian seluruh perangkat pintar Tapo juga bisa dilakukan melalui suara menggunakan Google Assitant atau Amazon Alexa.

tampilan aplikasi Tapo

Aplikasi Tapo juga dapat digunakan untuk membuat jadwal untuk mematikan dan menyalakan perangkat secara otomatis. Penjadwalan ini cocok untuk mematikan dan menyalakan lampu di jam-jam tertentu sesuai kegiatan sehari-hari. Selain itu juga terdapat timer untuk menentukan waktu untuk melakukan tindakan tertentu saat waktu berakhir. Tindakan tersebut bisa untuk otomatis mengatur keredupan lampu, mematikan lampu atau mengganti warna lampu.

Fitur penjadwalan dan timer juga tersedia pada Mini Smart Wi-Fi Socket P100 untuk otomatis menyalakan atau mematikan soket tersebut. Soket pintar ini sangat berguna untuk mematikan atau menyalakan perangkat yang belum didukung fitur smart langsung dari aplikasi. Contoh penggunaannya bisa dipasang ke kipas angin atau difuser yang tidak didukung fitur konektivitas. Nah, kini mari telusuri fitur masing-masing produk smart Tapo.

Tapo Smart Wi-Fi Light Bulb

Desain lampu pintar Tapo Smart Wi-Fi Light Bulb berbentuk layaknya lampu bohlam awal diciptakan. TP-Link memiliki tiga pilihan model yang berbeda, yaitu Tapo L510, Tapo L520 dan Tapo L530. Pada review kali ini, tim Teknogav.com memnggunakan dua model yang berbeda. Kedua lampu pintar tersebut adalah Tapo L510 yang memiliki nyala warna kuning dan L530 yang dapat memancarkan beberapa pilihan warna. Sementara itu model Tapo L520 yang tidak direview memiliki pancaran sinar berwarna putih.

TP-Link Tapo L530E-Smart Wi-Fi Light Bulb, Multicolor dipasang pada lampu duduk dan di depannya diletakkan TP-Link Tapo C200 - Home Security Wi-Fi Pan and Tilt Camera 1080 p

Seperti telah dijelaskan di awal, lampu ini dapat dijadwalkan untuk menyala dan mati secara otomatis menggunakan mode Schedule. Sedangkan mode Timer merupakan pewaktu untuk melakukan tindakan yang sudah ditentukan saat waktu berakhir. Selain itu tersedia juga Away Mode untuk menentukan periode waktu agar lampu menyala dan mati secara acak. Mode tersebut dapat digunakan saat meninggalkan rumah selama jangka waktu tertentu, sehingga terlihat seolah-olah ada orang yang ada di rumah.

Baca juga: EZVIZ LB1 White dan LB1 Color, Lampu Pintar Cerahkan Rumah

Ketika menggunakan lampu dengan model Tapo L510, maka warna nyala yang tersedia hanya kuning. Tingkat keredupan lampu dapat dipilih, yaitu 0%, 25%, 50% atau 100%. Berbeda dengan lampu dengan model Tapo 530 yang tersedia dalam tujuh pilihan warna. Ketujuh pilihan warna tersebut adalah putih, biru, merah, kuning, hijau, ungu dan biru. Jika Tapo L510 yang hanya menyediakan empat tingkat keredupan, maka keredupan Tapo L530 dapat diatur dengan peningkatan per 1%. Pengaturan terang Tapo L530 dapat diatur dari 0% ke 100% per 1% dengan menggeser pada gambar lampu di aplikasi. Jadi jika ingin mendapatkan tingkat penerangan sebesar 38% bisa dengan mudah dilakukan. 

tampilan pengendalian lampu pintar pada aplikasi Tapo

Pada model Tapo L530 juga terdapat fitur Theme untuk memilih tema Party atau Relax. Pengaturan siklus warna dan tingkat kecerahan dapat diatur pada setiap tema. Kecepatan pergantian warna pun dapat diatur per 1 detik, 2 detik atau 3 detik. Sementara itu pilihan transisi warna lampu bisa diatur dengan cepat (bold) atau berpendar (breathe). 

Ketika menggunakan fitur tema pada lampu pintar Tapo, sempat terjadi eror lampu tak bisa dimatikan. Akhirnya harus mematikan secara manual terlebih dahulu. Jika tidak ada saklar, perlu mencabut langsung kabel dari sumber listrik. Nah, tentu saja jika menggunakan Tapo Socket tak perlu mencabut kabel listrik. Cukup kendalikan pasokan daya listrik langsung dari aplikasi. Ketika gagal pairing, reset lampu dilakukan dengan mematikan dan menyalakan lampu tiga kali sesuai panduan pada aplikasi Tapo. Setelah berhasil di-reset, lampu akan berkedip selama tiga kali dan siap untuk dipairing.

TP-Link Tapo C200 - Home Security Wi-Fi Pan and Tilt Camera 1080 p

Desain TP-Link Tapo C200 - Home Security Wi-Fi Pan and Tilt Camera 1080 p terlihat bulat imut seperti manusia salju. Paket kamera terdiri dari kamera, buku panduan, adapter dan tatakan beserta bautnya untuk memasang kamera di langit-langit rumah. Pada perangkat ini terdapat slot memori eksternal untuk menyisipkan micro SD sampai kapasitas 128 GB. Kapasitas tersebut dapat menyimpan sampai 384 jam rekaman. Slot tersebut dapat terlihat dengan memutar kamera ke arah atas.

Baca juga: Tinggalkan Rumah Saat Liburan, Jangan Lupa Pasang Kamera Keamanan

TP-Link Tapo C200 - Home Security Wi-Fi Pan and Tilt Camera 1080 p

Selain itu tersedia juga layanan cloud Tapo Care yang tarifnya per kamera. Layanan ini dapat menyimpan riwayat video selama 30 hari di cloud. Kamera juga dapat mendeteksi gerakan dan tangisan bayi sacara otomatis, kemudian memberikan notifikasi. Pada layanan Tapo Care, notifikasi pun dapat disertai tangkapan gambar dari kamera.

Pemasangan kamera cukup mudah, jika terjadi kendala, aplikasi akan memandu cara mengatasinya. Misalnya ketika kamera tidak terdeteksi, putar kamera ke arah atas untuk menekan tombol reset selama lima detik sampai lampu LED berkedip warna merah. Setelah itu lakukan pairing seperti yang telah dijelaskan di awal, aplikasi pun akan senantiasa memandu apa yang harus dilakukan. 

tampilan pemantauan kamera dan fitur untuk berbicara dengan orang yang berada di ruang yang sama dengan kamera

Setelah terpasang, kamera dapat diakses dari aplikasi Tapo. Fitur-fiturnya mencakup Talk, Pan & Tilt, Voice Call, Privacy Mode, Alarm Off, Tapo Care, Playback & Memory. Ketika menggunakan fitur Talk, tekan ikon mikrofon untuk berbicara, suara akan diperdengarkan oleh speaker pada kamera ke sekitarnya. Fitur ini sangat memudahkan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang yang berada di ruangan tempat kamera tersebut berada. Jika ingin menjaga privasi, fitur Privacy Mode akan menghentikan perekaman pemantauan.

Tampilan aplikasi Tapo untuk pemantauan dan pengendalian kamera

Pan & Tilt berfungsi untuk mengarahkan arah pandang kamera. Kamera tersebut dapat mencapai jangkauan 360 horisontal, dan 114 ke arah vertikal. Hasil rekam gambar pun begitu jernih mencapai 1080 p. Pada kondisi gelap, fitur Advanced Night Vision dapat memberikan jangkauan visual sekitar sembilan meter. Ketika ada pergerakan, kamera akan senantiasa memberi tahu langsung ke aplikasi Tapo.

TP-Link Tapo Mini Smart Wi-Fi Socket P100

Desain Mini Smart Wi-Fi Socket berbentuk persegi empat dengan tombol daya di salah satu sisinya. Berbeda dengan perangkat smart Tapo lain, pairing soket ini dilakukan dengan koneksi Bluetooth. Kendari terlihat simple, Tapo P100 dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat yang belum didukung fitur smart. Cukup tancapkan kabel daya perangkat listrik yang ingin bisa dikendalikan ke soket ini.

tampilan aplikasi Tapo untuk mengendalikan Mini Smart Wi-Fi Socket P100

Pengendalian dapat dilakukan untuk mematikan dan menyalakan dari aplikasi Tapo. Selain itu bisa juga melakukan penjadwalan untuk menyalakan atau mematikan perangkat secara otomatis. Away Mode pun tersedia pada perangkat ini sehingga dapat mematikan dan menyalakan perangkat dalam waktu yang acak.

Tapo Mini Smart Wi-Fi Socket P100

Kelebihan Produk-produk Pintar Tapo

  • Mudah pairing dan dikendalikan
  • Aplikasi Tapo memandu jika terjadi kendala
  • Penjadwalan lampu untuk menyala dan mati otomatis 
  • Firmware dapat diperbarui dari aplikasi Tapo
  • Kamera senantiasa memantau dan memberikan notifikasi jika mendeteksi gerakan

Kekurangan Produk-produk Pintar Tapo

  • Tidak ada dukungan baterai, jadi ketika listrik mati, perangkat ikut mati
  • Ketika terjadi kendala koneksi pada lampu, harus dimatikan secara manual dengan memutus pasokan listrik
Baca juga: Serangkaian Produk IT: Immersive Tech Siap Dukung Smart Home

Pembelian produk Tapo dapat dilakukan di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Toko resmi TP-Link di Blibli
Klik untuk membeli Tapo C200 Camera di Bhinneka
Klik untuk membeli Tapo C200 Camera di Tokopedia

Toko resmi TP-Link di Bukalapak
Toko resmi TP-Link di Shopee
Toko resmi TP-Link di Lazada

Spesifikasi TP-Link Tapo C200 - Home Security Wi-Fi Pan and Tilt Camera 1080 p

Jaringan

 

Keamanan

Enkripsi AES 128 bit AES dengan SSL/TLS

Kecepatan nirkabel

11 Mbps(802.11b)
54 Mbps(802.11g)
150 Mbps(802.11n)

Frekuensi

2,4 GHz

Keamanan Nirkabel

WPA/WPA2-PSK

Notifikasi Kegiatan

 

Pemicu masukan

Deteksi gerakan

Notifikasi keluaran

Notifikasi push

Video

 

Kompresi video

H.264

kecepatan frame

15 fps

Streaming video

1080 p

Sistem

 

Sertifikasi peraturan

FCC, IC, CE, NCC

Persyaratan sistem

iOS 9+, Android 4.4+

Lingkungan

 

Suhu pengoperasian

0°C~40°C (32°F~104°F)

Suhu penyimpanan

-40°C~70°C (-40°F~158°F)

Kelembapan pengoperasian

10%~90%RH non-condensing

Kelembapan penyimpanan

5%~90%RH non-condensing

Isi Kemasan

Tapo Pan/Tilt Home Security Wi-Fi Camera
Power Adapter
Quick Start Guide
Mounting Screws

Mounting Plate
Camera Base

Perangkat Keras

 

Tombol

Tombol reset

LED Indikator

LED sistem

Input adapter

100-240VAC, 50/60Hz, 0.3A

output adapter

9.0V/0.6A

Dimensi

86,6 x 85 x 117,7 mm

Kamera

 

Sensor gambar

½,9”

Resolusi

1080 p Full HD

Lensa

F/NO: 2,4; Focal Length: 4 mm

Penglihatan malam

850 nm IR LED sampai 30 kaki

Jangkauan pandang

360° horisontal, 114° vertikal

Audio

 

Komunikasi audio

Audio dua arah

Masukan dan keluaran audio

Built-in mikrofon dan speaker

Harga

Rp343.500

 

Spesifikasi TP-Link Tapo L530E-Smart Wi-Fi Light Bulb, Multicolor

Colour Rendering Index

≥80

Warm-Up Time up 95%

≤1 detik

Switching Circles

15.000

Weighted Energy Consumption

8,7  kWh/1000 jam

Isi Paket

Tapo L530 E dan panduan

Sertifikasi

Ce. RoHS

Lamp Base

E27

Dimensi

115 x 60 mm

Masa pakai

15.000 jam

Protokol Wi-Fi

IEEE 802.11 b/g/n

Frekuensi Wi-Fi

2,4 GHz Wi-Fi

Input

220-240 V, 50/60 Hz 73 mA

Typical Lumen Output

806 lumens

Daya input

8,7 W

Suhu Warna

2.500 K~6.500 K

Sudut sinar

220˚

Dapat diredupkan

Ya

Harga

Rp135 ribu

Spesifikasi TP-Link Tapo L510E-Smart Wi-Fi Light Bulb, Dimmable

Isi Paket

Tapo L510 E dan panduan

Sertifikasi

Ce. RoHS

Lamp Base

E27

Protokol Wi-Fi

IEEE 802.11 b/g/n

Frekuensi Wi-Fi

2,4 GHz Wi-Fi

Input

220-240 V, 50/60 Hz 73 mA

Typical Lumen Output

806 lumens

Daya input

8,7 W

Suhu Warna

2.700 K

Sudut sinar

220˚

Dapat diredupkan

Ya

Harga

Rp82 ribu

Spesifikasi TP-Link Tapo Mini Smart Wi-Fi Socket P100

Isi Paket

Mini Smart Wi-Fi Socket

Protokol Wi-Fi

IEEE 802.11 b/g/n

Frekuensi Wi-Fi

2,4 GHz Wi-Fi

Persyaratan sistem

Android 4.4+ atau iOS 9+

Persyaratan daya

220-240 V, 50/60 Hz 10 A

Dimensi

51 x 72 x 40 mm

Bahan

PC

Tombol

Tombol daya dan status LED

Beban maksimum

2.300 W, 10 A

Isi Paket

Mini Smart Wi-Fi Socket Tapo P100

Sertifikasi

Ce, EoHS

Lingkungan

Suhu operasi 0˚C~35˚C

Kelembapan operasi 10%-90$RH, Non-condensing

Harga

Rp119.000

Share:

Artikel Terkini