Review: Reno7 5G, Andalkan AI untuk Percantik Foto yang Natural Review: Reno7 5G, Andalkan AI untuk Percantik Foto yang Natural ~ Teknogav.com

Review: Reno7 5G, Andalkan AI untuk Percantik Foto yang Natural


Teknogav.com – OPPO meluncurkan Reno7 5G dan Reno7 Z 5G pada 2 Maret 2022. Keandalan yang diusung pada kedua smartphone tersebut adalah dalam hal foto portrait. Istimewanya, fitur portrait ini bahkan dapat digunakan pada kamera depan dan belakang. Review kali ini akan mengupas salah satu smartphone tersebut, yaitu Reno7 5G. Selain fitur portrait, keandalan lain dari Reno7 5G ini adalah pengisian daya cepat SUPERVOOC™. Penampilan smatpone ini pun tampak kinclong berkat proses Laser Direct Imaging (LDI) di atas lapisan OPPO Glow.

Fitur-fitur canggih seperti 5G, NFC dan sensor sidik jari yang ditanam pada layar tentu saja sudah menyertai smartphone ini. Layar smartphone ini pun cukup lapang dengan ukuran 6,4 inci dengan panel AMOLED. Sistem operasi Android 12 pada Reno7 5G dikemas dalam antarmuka andalan OPPO, yaitu ColorOS 12 yang merupakan versi terkini. Tentu saja fitur Omoji yang dapat dirancang sesuai penampilan pengguna dapat dipajang di profil diri.

Smartphone Reno7 5G tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Startrails Blue dan Starry Black. Pada review ini menggunakan varian warna Startrails Blue. Kilauan warna yang berubah-ubah tampak ketika terpapar cahaya dari sudut yang berbeda. Teknologi LDI yang diadopsi berhasil menampilkan pola meteor dengan warna berubah-ubah. Saat digenggam, smartphone ini terasa tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 7,81 dan bobot 173 gram. Dimensinya yang ringkas ini memungkinkan untuk dibawa di dalam saku.

Baca juga:  Desain OPPO Reno7 5G Makin Kinclong dengan LDI

Fitur portrait pada Reno7 5G diterapkan pada kamera depan dan kamera belakang. Kamera belakang smartphone ini menggunakan konfigurasi tiga kamera yang didampingi dengan flash LED yang terletak di bawah salah satu kamera. Konfigurasi tiga kamera ini terdiri dari kamera utama, kamera sudut lebar, dan kamera makro. Resolusi kamera utama 64 MP dengan bukaan lensa F/1.7, sedangkan resolusi kamera sudut lebar 8 MP dengan apertur F/2.4. Kamera makro memiliki resolusi 2 MP dan bukaan lensa F/2.4. Sementara itu kamera depan memiliki resolusi 32 MP dengan bukaan lensa F/2.4.

Smartphone ini mudah dihubungkan ke komputer dengan PC Connect hanya dengan memanfaatkan kode QR. Pengendalian smartphone pun dapat dengan mudah dilakukan melalui komputer, termasuk untuk menyunting file. Jika perlu mentransfer file, menu berbagi memungkinkan untuk melalukan drag and drop antara smartphone dan komputer.

Unboxing Reno7 5G

Kotak paket Reno7 5G berbentuk empat persegi panjang berwarna biru. Ketika kotak dibuka, terlihat kotak pipih berwarna hitam yang berisi jelly case, buku panduan, kartu garansi dan pin ejector. Di bawah kotak hitam tersebut, terdapat unit Reno7 5G yang masih dibungkus plastik dengan sekat putih di bawahnya. Ketika sekat putih dibuka, terdapat adapter charger beserta dengan kabel data USB ke USB tipe-C.

 
isi kotak OPPO Reno7 5G

Desain Reno7 5G

Layaknya smartphone yang beredar saat ini, Reno7 5G memiliki desain unibodi. Slot untuk dua nano SIM card dan satu kartu micro SD berada di sisi kiri. Tatakan slot tersebut dapat dikeluarkan menggunakan pin ejector. Tombol volume terletak di sisi yang sama, tak jauh dari slot SIM card tersebut. Seperti telah dijelaskans sebelumnya, punggung Reno7 5G ini tampil istimewa dengan keindahan kilauan saat terpapar cahaya.

sisi kiri Reno7 5G, tatakan dengan tiga slot dan pin ejector

desain bagian belakang OPPO Reno7 5G

Beralih ke sisi kanan, terdapat tombol daya, sementara sisi atas polos tak ada tombol maupun port. Pada bagian bawah smartphone terdapat jack audio 3,5 mm, port USB tipe-C dan lubang speaker. Kendati OPPO tidak membekali Reno7 5G dengan earphone, tetapo jack audio 3,5 mm ini memudahkan pengguna menggunakan earphone kabel. Apalagi earphone kabel akan kembali menjadi tren dan dapat memberikan kualitas audio lebih jernih.

sisi kanan Reno7 5G

sisi ata Reno7 5G

sisi bawah OPPO Reno7 5G

Layar di bagian depan smartphone menggunakan panel AMOLED berukuran 6,4 inci dengan desain single punch-hole. Saat digunakan untuk main game dan menayangkan konten, tampilan terlihat mulus berkat refresh rate 90 Hz. Pada sekeliling layar terlihat bingkai berwarna hitam yang cukup tipis.

Menu dan Aplikasi

Sistem operasi yang digunakan pada Reno7 5G adalah Android 12 yang dikemas dengan antarmuka ColorOS 12. Saat awal menggunakan smartphone ini tersedia pilihan untuk menginstal aplikasi-aplikasi sesuai kebutuhan. Selain itu tentu saja tersedia aplikasi bawaan Google seperti Google Maps, Chrome, Gmail dan lain-lain yang dikelompokkan dalam folder Google. Folder-folder lain yang terdapat pada menu aplikasi adalah Tools, Featured, Hot Games, More Apps dan Hot Apps.

OPPO juga sudah menyertakan aplikasi-aplikasi dengan fungsi dasar seperti My Files dan Internet. Selain itu tentu saja ada aplikasi besutan OPPO sendiri, yaitu OPPO Store untuk berbelanja produk OPPO. Aplikasi spesial lain yang menjadi ciri khas OPPO adalah Soloop Cut untuk menyunting video.
Fitur Omoji untuk membuat avatar yang merupakan keistimewaan Android 12 pun hadir di Reno7 5G. Letak fitur ini berada di menu pengaturan, dan harus login terlebih dahulu ke akun OPPO untuk bisa menggunakan fitur ini. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan avatar sesuai gambaran dirinya, atau sesuai sosok yang diinginkan. 

penggunaan fitur Omoji

Fitur lain yang dapat diakses dari menu Setting adalah Digital Wellbeing & Parental Controls yang merupakan bawaan dari Android. Digital Wellbeing akan senantiasa menjaga kesehatan mata dengan memantau waktu penggunaan aplikasi. Pengguna juga bisa membatasi waktu penggunaan beberapa aplikasi agar tak menggunakan smartphone secara berlebihan. Sementara itu fitur Parental Controls berfungsi untuk membatasi kegiatan anak saat menggunakan smartphone.

Pengendalian atau navigasi pada Reno7 5G dapat ditentukaan saat awal melakukan pengaturan, yaitu menggunakan tombol atau gesture. Pengaturan ini bisa diubah sewaktu-waktu melalui menu Settings. Pada pengoperasian menggunakan tombol, maka tersedia tombol back, home dan indeks.

Pengamanan

Beberapa fungsi biometrik pada Reno7 5G dapat dimanfaatkan untuk membuka penguncian smartphone. Fungsi tersebut mencakup pengenalan wajah dan sensor sidik jari pada layar. Pendaftaran sidik jari dapat dilakukan saat menentukan pengaturan smartphone di awal. Kendati demikian, bisa juga ditentukan setiap saat melalui menu Settings. Kecepatan proses membuka penguncian dengan sidik jari cukup mengagumkan karena bisa terbuka dalam sekejap.

Selain itu tentu saja ada fitur-fitur pengaman bawaan dari Android seperti Google Play Protect, Security update, dan Find My Device. Google Play Protect menjamin perangkat terlindungi dari serangan malware atau spyware dengan mengecek aplikasi dan perangkat secara rutin. Jika risiko terdeteksi, maka fitur ini akan menampilkan notifikasi. Sementara itu fitur Find My Device akan memudahkan melacak smartphone saat lupa meletakkan atau tercuri.

NFC

Saat ini fitur NFC sudah banyak diadopsi pada smartphone, jadi tak heran jika Reno7 5G pun sudah dilengkapi fitur ini. NFC sangat memudahkan pengisian e-money tanpa harus ke ATM atau ke merchant yang memiliki EDC dengan NFC. Jadi saat saldo e-money tak cukup saat di jalan tol, bisa langsung mengisinya.

Kamera dan Fotografi

Dukungan AI pada kamera smartphone Reno7 5G cukup memuaskan. Ketika fitur AI diaktifkan saat memotret, maka hasilnya adalah warna yang terlihat tetap alami walau kualitas foto dimaksimalkan agar menarik. Jika dibandingkan dengan AI pada kamera Huawei P30 Pro, hasil pemotretan objek yang sama terlihat over-saturated. Kendati demikian, hasil pemotretan dengan kamera Huawei P30 Pro tanpa AI masih terlihat lebih alami dan menarik. Kesimpulannya, AI pada Reno7 5G sanggup mengoptimalkan kemampuan kamera menghasilkan foto terlihat menarik dan alami.

hasil pemotretan menggunakan kamera OPPO Reno7 5G mode Photo tanpa AI

hasil pemotretan menggunakan kamera OPPO Reno7 5G mode Photo dengan AI

hasil pemotretan menggunakan kamera Huawei P30 Pro tanpa AI
hasil pemotretan menggunakan kamera Huawei P30 Pro dengan AI

Ketika digunakan memotret, berbagai ukuran, warna dan kecerahan titik cahaya bokeh dapat disesuaikan jarak dan kedalamannya oleh algoritma AI. Mode portrait juga meningkatkan kualitas, warna dan kejernihan hasil foto. Peningkatan tersebut termasuk menjaga tekstur kulit dan warna kulit saat mendetekksi wajah. Foto dengan hasil yang lebih baik pun disajikan oleh efek penyuntingan yang alami. Kamera smartphone ini juga didukung fitur Bokeh Flare portrait Video. Hasil foto pun terlihat seperti menggunakan kamera DSLR.

Beralih ke kamera depan, sudah tak perlu diragukan lagi jika OPPO piawai dalam membuat swafoto terlihat lebih menarik dibandingkan aslinya. Mode yang tersedia pada kamera depan mencakup Night, Video, Photo, dan portrait. Selain itu tersedia fungsi Pro, Extra HD, Pano, Macro, Slo-Mo, Time-Laps, Dual View Video, Sticker, Text Scanner dan Soloop Templates.

Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Promo Menarik Reno7 Series 5G

Hasil foto terlihat jernih walau kondisi saat pemotretan kurang cahaya atau bahan memiliki latar cahaya yang kuat. Hal ini dimungkinkan berkat fitur Selfie HDR yang otomatis mendeteksi cahaya latar belakang. Ketika terdeteksi cahaya latar yang terang, maka algoritma akan menekan cahaya saat mendeteksi wajah dengan latar cahaya terang.

Mode Live Focus pada kamera, memungkinkan untuk mengendalikan tingkat blur latar sebelum membidik, sehingga bisa fokus pada objek yang ingin ditonjolkan. Fitur ini dimungkinkan berkat Depth Camera dengan resolusi 5 MP yang menjadi bagian dari triple camera. Selain mode Live Focus, mode lainnnyayant tersedia adalah Food, Panorama, Pro, Photo, Video dan Slow Motion.

Jika ingin berswafoto dengan hasil yang bagus, kamera depan dengan resolusi 16 MP siap menghasilkan foto yang mengagumkan. Foto dapat dibuat dengan resolusi tinggi yang jelas. Sedangkan bila ingin membuat blur latar dan menonjolkan wajah, gunakan fitur fokus Selfie. Pada kamera depan juga terdapat fitur Smart Beauty yang bisa mempercantik waja dengan bantuan AI.

Hasil foto terlihat jernih walau kondisi saat pemotretan kurang cahaya atau bahan memiliki latar cahaya yang kuat. Hal ini dimungkinkan berkat fitur Selfie HDR yang otomatis mendeteksi cahaya latar belakang. Ketika terdeteksi cahaya latar yang terang, maka algoritma akan menekan cahaya saat memotret wajah.

Baca juga: Reno7 Series dan OPPO Watch Free Meluncur 2 Maret 2022

Bagi yang ogah jerawatan, nah fungsi portrait Retouching mampu menyamarkan noda, jerawat, dan bekas jerawat. Istimewanya lagi, fitur portrait Retouching juga dapat mengidentifikasi  informasi yang dipersonalisasi, seperti etnis, jenis kelamin dan usia. Saat melakukan pemotretan group, maka diterapkan dengan efek retouching yang berbeda.

Kerennnya lagi, kamera Reno7 5G ini disertai fitur AI Color portrait yang dapat membuat latar berwarna hitam putih, dan tetap mempertahankan warna pada subjek foto. Sementara itu fitur AI Highlight akan menangkap gambar lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video tanpa mengurangi detail latar. Fitur ini mencegah hasil rekamanan video terlihat terlalu terang atau gelap. Saat merekam video, fitur Focus Tracking dapat melacak subjek utama.

Kinerja Chipset

Reno7 5G menggunakan chipset Dimensity 900 5G besutan MediaTek. Chipset ini memiliki depan inti prosesor yang terdiri dari dua Arm Cortex A-78 dan enam Arm Cortex-A55. Kecepatan clock dari inti prosesor Arm Cortex-A78 ini mencapai 2,4 GHz, dan Arm Cortex-A55 sampai 2 GHz. Sementara itu, prosesor grafis ARM Mali G-68 pada Reno7 5G sanggup menampilkan tampilan game dan konten yang mulus. 

Baca juga: MediaTek Hadirkan Chipset Dimensity 900 untuk Perluas Pasar Smartphone 5G

Kinerja prosesor didukung oleh RAM LPDDR5  berkapasitas 8 GB yang tentu saja hemat daya. Dan mendukung media penyimpanan dengan teknologi UFS 3.0 yang berkapasitas 256 GB. Ruang pada media penyimpanan tersebut dapat manfaatkan sebagai tembahan RAM virtual sampai 5 GB.
Ketika tidak membawa media penyimpanan eksternal seperti harddisk, flashdisk atau SSD eksternal, maka smartphone ini juga bisa dimanfaatkan. Kecepatan transfer data antara smartphone dan komputer menggunakan kabel USB ke USB tipe-C cukup cepat. Ketika port USB tipe-C pada Reno7 5G ini dihubungkan ke smartphone lain, maka Reno7 5G dapat berperan sebagai power bank. 

Keandalan AI pada Reno7 5G tentu saja tak lepas dari keberadaan unit artificial intelligence processing unit (APU) generasi ketiga MediaTek pada Dimensity 900. APU ini mengoptimalkan efisiensi daya sehingga daya pada baterai dapat bertahan lebih lama. Peningkatan AI-Camera premium menyajikan pemotretan yang akurat dan sangat detail.

Sumber daya Reno7 5G didukung oleh baterai berkapasitas 4.500 mAh. Pengisian baterai tersebut didukung oleh teknologi 65 W SUPERVOOC™ yang dapat mengisi daya dengan sangat cepat. Hanya perlu waktu sekitar setengah jam untuk mengisi baterai dari kondisi kosong sampai penuh. Sementara itu terburu-buru, cukup luangkan waktu untuk mengisi daya limat menit, maka baterai sanggup mentenagai smartphone untuk main game selama dua jam.

Baca juga: Serangkaian OPPO Reno7 Series Siap Meluncur, Ini Fitur-fitur Utamanya!

Benchmarking

Informasi mengenai perangkat keras pada Reno7 5G dapat dilihat melalui aplikasi CPU-Z berikut ini.
Pengujian smartphone Reno7 5G pun dilakukan dengan beberapa aplikasi Benchmarking, yaitu Antutu, GeekBench dan PC Mark. Berikut ini informasi mengenai perangkat keras dan sistem memakai aplikasi CPU-Z.

informasi sistem berdasarkan CPU-Z

Aplikasi benchmarking AnTuTu menunjukkan skor yang cukup tinggi, yaitu 383046. Skor tersebut menunjukkan canggihnya kemampuan MediaTek Dimensity 900 5G yang begitu memuaskan.

hasil benchmarking menggunakan AnTutu

Hasil benchmark meggunakan Geekbench menunjukkan kinerja lumayan, skor kinerja single core adalah 706 dan multi core 2150. Peringkat kinerja single core Reno7 5G masih di atas Xiaomi Redmi K20 Pro, namun masih di bawah Xiaomi Poco X3 Pro dan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Sedangkan peringkat kinerja multi-core memuaskan dengan posisi jauh di atas Xiaomi Pocophone F1 dan Xiaomi Poco F1. Sayangnya peringkat tersebut masih di bawah Xiaomi Redmi K20 Pro. 

hasil benchmarking dengan Geekbench

Sementara itu hasil benchmarking menggunakan PC Mark adalah sebagai berikut:

hasil benchmarking dengan PC Mark

Kesimpulan

Desain Reno7 5G tentu saja keren dengan kilauan memukau, namun tidak licin. Tekstur pada punggung smartphone membuat mantap di genggaman. Penggunaan sensor sidik jari pun memuaskan karena memudahkan mengakses smartphone dengan cepat. Jack audio pun memenuhi kebutuhan pengguna yang masih ingin bertahan dengan earphone kabel kesayangan.

Port USB tipe-C pada Reno7 5G sangat berguna untuk berbagai macam kebutuhan. Termasuk mengisi daya cepat, menjadikan smartphone sebagai media penyimpanan eksternal, sebagai power bank, melihat data langsung dari flashdisk dan lain-lain. Fitur pengisian daya cepat SUPERVOOC™ pun menjadi andalan Reno7 5G.

Tentu saja yang tak mungkin ketinggalan adalah keandalan kamera yang dipadukan dengan AI canggih untuk menghasilkan foto portrait alami. Layar smartphone pun cukup memumpuni untuk menyajikan tampilan gambar yang mulus dan tajam.

Harga dan Ketersediaan

Reno7 5G dibanderol dengan harga Rp7.499.000 dan dapat dibeli di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk pre-order OPPO Reno7 Z 5G di Blibli
Klik untuk membeli OPPO Reno7 Z 5G bundling OPPO Watch Free di Tokopedia


Klik untuk membeli OPPO Reno7 5G di Shopee

Spesifikasi Reno7 5G

Jaringan

:

5G (Band N1, N3 & N40)

Layar  

:

6.4“AMOLED Display, 90 Hz Refresh Rate + up to 180 Hz Touch Sampling Rate

OS 

:

Android 12, ColorOS 12

Memori 

:

RAM 8 GB dengan ekspansi RAM 5 GB, Media Penyimpanan 256 GB (Internal), slot micro SD sampai 1 TB

CPU 

:

MediaTek Dimensity 900 5G

GPU 

:

ARM Mali-G68 MC4

Kamera

:

Kamera Belakang

64 MP Kamera Utama F/1.7

8 MP Kamera Sudut Lebar F/2.4

2 MP Kamera Makro F/2.4

Kamera Depan

32 MP F/2.4

Dimensi     

:

160,6 x 73,2 x 7,81 mm

Bobot   

:

173 gram

Baterai

:

Non removable, 4500m Ah, 65W SUPERVOOCTM

Konektivitas

 

Bluetooth v5.2, Bluetooth Low Energy (BLE),

Bluetooth codec: SBC, AAC, APTX, APTXHD, LDAC

USB tipe-C

Fitur   

:

In-display Fingerprint Unlock, Multi-Cooling System

Teknologi Pewarnaan

:

OPPO Glow, laser Direct Imaging (LDI)

Warna

:

Startrails Blue, Starry Black

Harga 

:

Rp7.499.000

Share:

Artikel Terkini