Huawei Raih Peringkat ke-6 Perusahaan Paling Inovatif Dunia Tahun 2020 Huawei Raih Peringkat ke-6 Perusahaan Paling Inovatif Dunia Tahun 2020 ~ Teknogav.com

Huawei Raih Peringkat ke-6 Perusahaan Paling Inovatif Dunia Tahun 2020


Teknogav.com – Boston Consulting Group (BCG) membuat laporan yang berisi 50 Perusahaan Paling Inovatif Dunia Tahun 2020. Huawei menempati posisi ke-6 dari daftar tersebut, naik drastis dari peringkat 42 pada daftar tahun sebelumnya. Peringkat tahun ini menjadi peringkat terbaik Huawei pertama kalinya sejak tahun 2012.

Lima besar pada daftar tersebut diraih oleh Apple, Alphabet, Amazon, Microsoft dan Samsung. Sementara itu pada posisi 7 sampai 10 ditempati oleh Alibaba, IBM, Sony dan Facebook. Daftar peringkat tersebut disusun BCG berdasarkan survei pada 2.500 eksekutif inovasi global yang menilai kinerja perusahaan berdasarkan empat variable. Keempat variable tersebut adalah:

  1. Global Mindshare
  2. Disrupsi Industri
  3. Pandangan dan penilaian dari perusahaan dalam industri yang sama
  4. Kemampuan perusahaan tersebut menghadirkan nilai dan manfaat bagi dunia
50 Perusahaan Paling Inovatif Dunia Tahun 2020 (sumber: BCG)
BCG juga menambahkan sejumlah variabel penilaian baru untuk melihat tingkat intensitas dan upaya-upaya setiap perusahaan menciptakan terobosan baru. Selain itu juga untuk melihat cara perusahaan tersebut berperan di luar pasar yang sebelumnya bukan segmen pasar mereka.
Upaya riset dan pengembangan dilakuakn Huawei dengan menginvestasikan lebih dari 10% pendapatan tahunannya. Biaya riset dan pengembangan pada tahun 2019 Huawei mencapai CNY131,7 miliar atau 15,3% dari total pendapatan. Nilai tersebut jika dirupiahkan sekitar Rp264 triliun.

Selama sepuluh tahun terakhir investasi yang dilakukan Huawei mencapai USD4 miliar atau sekitar Rp57,4 miliar untuk pengembangan 5G. Investasi tersebut menjadikan Huawei yang terdepan dalam bidang teknologi generasi mendatang ini. Huawei bekerja sama dengan operator-operator mancanegara untuk mengadopsi 5G secara komersial dan mempromosikan inovasi baru penerapan 5G.

Berdasarkan laporan tahunan Huawei, model inovasi Huawei telah beralih dari Innovation 1.0 ke Innovation 2.0. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan teknologi dasar baru yang ditopang visi bersama untuk masa depan.

Huawei juga aktif dalam melawan pandemi Covid018 dengan meluncurkan program Anti-Covid-19 Partner Program. Fokus program tersebut pada pengoptimalan pemberdayaan AI, kantor jarak-jauh, perawatan kesehatan dan pendidikan online. Tujuan program tersebut adalah membantu dan mendukung masyarakat dunia dalam menghadapi pandemi.

Salah satu solusi yang ditawarkan Huawei adalah AI-Assisted Diagnosis bagi rumah sakit-rumah sakit dalam menghasilkan kuantifikasi CT dalam hitungan detik. Huawei juga membantu tim medis di garis depan untuk mendeteksi kasus Covid-19. Di Indonesia, Huawei menyediakan solusi TIK yang digunakan untuk mempercepat manajemen pandemi Covid-19. Rumah sakit yang menerapkan solusi Huawei mencakup RS Pertamina Bina Medika IGC dan RSPAD Gatot Subroto.

Pada bidang pendidikan, Huawei menyediakan solusi e-learning di sejumlah perguruan tinggi. Beberapa kampus yang menggunakan solusi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Del Sumatera Utara dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Penulis laporan BCG mengungkapkan bahwa riset untuk menyusun perusahaan paling inovatif di dunia edisi ke-14 tersebut dimulai sebelum Covid-19. Kendati demikian riset relevan dengan situasi saat ini. Para innovator harus dapat beradaptasi dengan tren terkait penawaran, permintaan, perilaku konsumen, dan dinamika bisnis.
Share:

Follow by Email